Pj Bupati Abdya Ikut Berlumpur Bersihkan Rumah Korban Banjir Bandang di Aceh Selatan

Pj Bupati Abdya, H Darmansah, S.Pd, MM ketika ikut membersihkan rumah korban banjir bandang di Ladang Rimba. ANTARAN / Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Setiba di lokasi bencana banjir bandang, saya melihat rumah penduduk banyak rusak dan masih digenangi lumpur. Luar biasa dahsyatnya musibah itu,” kata H Darmansah, S.Pd, MM.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), terketuk hati mengunjungi sekaligus menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir bandang di Gampong (desa) Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Minggu (26/11/2023), tepatnya hari keenam paska terjadi bencana.

Pj Bupati Abdya, H Darmansah, S.Pd, MM kepada antaran mengatakan, sebagai putra Aceh Selatan dan masih banyak memiliki hubungan persaudaraan di Ladang Rimba, Trumon Tengah, berkewajiban untuk menjenguk para korban.

Sebenarnya, sebut Darmansah, keinginan untuk datang ke lokasi bencana sudah beberapa hari, namun karena ada tugas kemasyarakatan diluar daerah. Maka baru hari ini mendapat kesempatan. Rupanya dampak banjir bandang yang dirasakan masyarakat sungguh memprihatinkan.

Baca Juga:  Pj Bupati Abdya Fasilitasi Guru Lanjutkan Pendidikan S2

“Setiba di lokasi bencana banjir bandang, saya melihat rumah penduduk banyak rusak dan masih digenangi lumpur yang tinggi. Luar biasa dahsyatnya musibah yang dirasakan masyarakat,” kata H Darmansah, S.Pd, MM.

Melihat kondisi tersebut, ia ikut anggota BPBD Abdya membersihkan sejumlah rumah korban yang terdampak. Material lumpur (limbah) terjangan banjir bandang masih meninggi di dalam dan luar rumah penduduk.

Dalam kurun satu hari penuh, ia juga menyempatkan diri sejenak meninjau dapur umum yang super sibuk. Kepada juru masak dan ibu-ibu ia memberikan semangat pantang menyerah untuk berbuat kebaikan.

Baca Juga:  Abu Heri, Petani Asal Meukek Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang Trumon

Masih keterangan Darmansah, saat istirahat dan makan siang, pihaknya juga bertemu Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP bersama Deputi Rekonstruksi BNPB RI, Jarwansyah, S.Pd, M.A.P, MM, Dandim 0107, Letkol Inf. Faiq Fahmi dan rombongan.

“Terlihat wajah-wajah letih itu tetap memancarkan semangat tinggi untuk proses penanganan darurat. Begitupun gerakan para relawan dan masyarakat terus berkobar untuk membebaskan belenggu penderitaan,” imbuhnya.

Menurut Pj Bupati Abdya, bertolak dari Blang Pidie pada pukul 07.00 WIB, tiba di Ladang Rimba jam 10.00 WIB. Tanpa buang waktu ia bersama personel langsung bekerja sedaya mampu hingga berhenti pukul 18.00 WIB.

“Mudah-mudahan penderitaan ini cepat berakhir dan tidak terulang lagi. Mari sana-sama berdoa supaya kita semua dijauhi dari marabahaya,” harap Darmansah.

Baca Juga:  Soal Kelanjutan Pasar Modern di Abdya, Ini Kata Kajati Aceh

Warga setempat, Fahmi, mengaku pihaknya tidak menyangka kalau yang memegang skop dan mengangkat lumpur bersama masyarakat adalah Pj Bupati Abdya.

“Diluar dugaan dan membuat saya terkejut, ketika seseorang memberi tahu itu Pj Bupati Abdya, Darmansah. Salut, orangnya tidak peduli pakaian kator. Semoga Allah memberkahi dan terus sukses,” ujar sumber.

Informasi dihimpun, selain berjibaku dengan lumpur, Pj Bupati Abdya dan rombongan juga menyalurkan bantuan sandang dan pangan untuk meringankan kebutuhan sehari-hari para korban.

Turut diboyong satu unit armada pengangkat material limbah dibekali 30 personel Satpol PP dan BPBK Abdya. Ditambah satu armada tangki air Pemadam kebakaran dan pompa air untuk membersih lumpur yang menggenangi lantai rumah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.