Pj Bupati Abdya : Penyalahgunaan Narkoba Mengkhawatirkan

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM,
Bagikan:

Menurutnya, penyakit sosial dan kejahatan narkoba ini mengancam masa depan generasi muda, bisa menimbulkan kegelapan masa depan negeri.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM, mengatakan kasus penyalahgunaan narkoba di kabupaten dengan 9 kecamatan dan 152 desa mulai mengkhawatirkan dan mengarah pada kondisi darurat narkoba.

Hampir setiap pekan ada saja warga yang diamankan oleh jajaran Kepolisian lantaran kedapatan mengkonsumsi narkoba bahkan mengedarkannya.

“Hampir setiap pekan ada warga yang ditangkap polisi akibat menggunakan narkoba. Belum lama ini ada lima orang yang ditangkap karena narkoba. Bahkan warga binaan Lapas Blangpidie yang mendapatkan remisi umum belum lama ini juga pengguna narkoba,” ungkapnya, Senin (21/8/2023).

Baca Juga:  Panwaslu Kecamatan Alafan Laksanakan Wawancara Bagi Calon Anggota PTPS

Menurutnya, penyakit sosial dan kejahatan narkoba ini mengancam masa depan generasi muda, bisa menimbulkan kegelapan masa depan negeri.

Oleh karena itu, tiada pilihan lain, kecuali seluruh masyarakat Abdya bersatu padu, bersama-sama mencegah dan mengatasi penyakit sosial dan kejahatan yang berhubungan dengan narkoba ini.

Tentu harus melakukan langkah-langkah terpadu, total dan terus-menerus di seluruh wilayah dan bekerja bersama dengan semua pihak, untuk betul-betul bisa mengatasi masalah besar ini.

Baca Juga:  Pj Bupati Abdya Inspektur Apel Operasi Ketupat Seulawah 2024

Terkait kondisi itu, Pj Bupati Abdya mewajibkan seluruh aparatur sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak untuk melakukan tes urine agar mendapatkan kepastian bebas dari penggunaan narkoba. Jika dinyatakan positif menggunakan narkoba, tentu ada proses hukum yang dilalui.

Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. Kalau dirata- ratakan, usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu- waktu dapat mengincar generasi penerus Abdya kapan saja.

Baca Juga:  Panen Poin Lawan Persati, Persal Aceh Selatan Bergelut ke Putaran 8 Besar Liga 3 2023 Aceh

Upaya pencegahan terhadap bahaya penggunaan narkoba di kalangan pelajar, sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama.

Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak.

Ditambahkan, yang tak kalah penting dilakukan adalah penerapan pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada anak.

Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak ke dalam lingkaran hitam ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap, sehingga perbuatan tercela seperti ini pun akhirnya mereka jalani.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.