Pj Bupati Abdya Terima Penghargaan Proklim dari Kementerian LHK

Bagikan:

“Penghargaan ini merupakan prestasi seluruh masyarakat Abdya, dimana mereka mampu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan rumah dan mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari,” kata Pj Bupati Darmansah.

Jurnalis : Syamsurizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah S.Pd MM menerima penghargaan dan apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya kepada Pj Bupati Abdya Darmansah di auditorium DR. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Turut mendampingi Pj Bupati Abdya saat menerima penghargaan tersebut, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) Abdya, Rahwadi ST, Pengusul Proklim Abdya, Dewi Marlina SP MP dan Keuchik Gampong Padang, Kecamatan Manggeng, Mutalimin.

Baca Juga:  Kerja Lembur di Hari Libur, BPKK Aceh Singkil Kejar Target Pencairan THR PNS Rabu Depan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pj Bupati Abdya, H Darmansah karena sosok kepala daerah di pantai Barat-Selatan Aceh itu dinilai memiliki komitmen kuat dan berperan aktif dalam pembinaan dan penguatan Proklim di daerahnya sejak 2022 lalu.

Pasca menerima penghargaan pertama selama kepemimpinannya itu, Pj Bupati Darmansah langsung memerintahkan Dinas Perkim dan LH untuk memetakan desa-desa yang mempunyai potensi untuk diusulkan menjadi Gampong ProKlim pada tahun 2023.

“Penghargaan ini merupakan prestasi seluruh masyarakat Abdya, dimana mereka mampu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan rumah dan mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari,” kata Pj Bupati Darmansah.

Ia juga mengatakan, proklim itu sendiri merupakan produk nasional dari KLHK yang diadopsi seluruh kabupaten/kota di Tanah Air, dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi, gasa rumah kaca.

Baca Juga:  Jika Ada Dukungan Masyarakat, Ahmad Danion Siap Maju Sebagai Calon Bupati Simeulue

Menurut H Darmansah, perubahan iklim telah menjadi perhatian banyak pihak. Oleh karenanya, peran pemerintah daerah menurutnya sangat diperlukan terutama terkait edukasi tentang perubahan iklim kepada masyarakat itu sendiri.

“Saya menghimbau seluruh Abdya agar semakin peduli terhadap lingkungan. Ini harus dimulai dari diri kita sendiri, salah satunya mengurangi penggunaan plastik dan memanfaatkan pekarangan dengan menanam pohon,” pungkas Darmansah.

Terpisah, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Abdya, Venny Kurnia mengapresiasi kinerja Pj Bupati Abdya dan Pemerintahan Gampong Padang, Kecamatan Manggeng, Kabupaten setempat yang mendapatkan Penghargaan ProKlim Lestari dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Terkait dengan penghargaan Proklim yang diterima oleh Kabupaten Abdya, saya selaku Ketua APDESI Abdya mengaku sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas yang telah dilakukan oleh Pj Bupati Abdya, H Darmansah dan para pihak yang terlibat lainnya, sehingga Abdya bisa mendapatkan penghargaan Proklim dari Kementerian LHK,” kata Venny Kurnia, Minggu (22/10/2023).

Baca Juga:  Sekjen PB FASI Tinjau Venue Cabang Para Layang Pon XXI di Bener Meriah

Menurut Venny, penghargaan untuk Program Kampung Iklim (Proklim) ini menjadi motivasi bagi desa – desa lain di Abdya dan kabupaten/kota lain di Provinsi Aceh yang belum mendapatkan penghargaan sejenis untuk bisa menyusul dan berusaha mendapatkan penghargaan yang sama pada tahun berikutnya.

“Selain kepada Bapak Pj Bupati Abdya, saya juga memberi apresiasi kepada Keuchik Gampong Padang, Kecamatan Manggeng, Kepala Dinas Perkim-LH Abdya dan pihak lainnya yang ikut terlibat,” ungkap Venny.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.