Pj Bupati Aceh Jaya : Peringatan Maulid Momentum Memperbaiki Diri

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin memberi sambutan saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Mesjid Agung Jabal Rahmah, Calang. Jum’at (7/10/2022). Foto Ist
Bagikan:

Kata Dr Nurdin, menurut para ulama, akhlak itu merupakan tindakan yang lahir tergantung kualitas dan kondisi jiwa seseorang.

Jurnalis : Al-Faraby

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum memperbaiki diri dan meneladani perilaku Rasulullah dalam aspek kehidupan sehari-hari. Sebab, Allah SWT mengutus Nabi Muhammad kedunia untuk menyempurnakan akhlak dan budi pekerti umat manusia.

Sebagaimana hadits Nabi yang artinya, sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan budi pekerti yang baik. Hal itu dikatakan Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Mesjid Agung Jabal Rahmah, Calang. Jum’at (7/10/2022).

Baca Juga:  Kelezatan Menu King Fried Chicken Tapaktuan Menggugah Selera

Kata Dr Nurdin, menurut para ulama, akhlak itu merupakan tindakan yang lahir tergantung kualitas dan kondisi jiwa seseorang. Jika Jiwa yang sehat akan melahirkan tindakan-tindakan yang
sehat, sebaliknya jiwa dengan kualitas buruk akan melahirkan tindakan-tindakan yang buruk Akhlak itu dibagi menjadi dua, yaitu akhlak dalam kehidupan personal (akhlak indvidu) dan akhlak dalam kehidupan sosial (akhlak sosial).

Ia mengatakan, Nabi Muhammad SAW bukan hanya mendidik manusia agar mempunyai akhlak personal yang baik, akan tetapi juga membangun akhlak sosial, akhlak komunal masyarakat satu kampung, satu kota, satu kabupaten, dalam mengelola urusan-urusan bersama mereka, tentang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lain-lain.

Baca Juga:  Pj Bupati Nagan Raya Buka Soft Opening TTG Aceh XXV

Melalui kegiatan ini, Pj Bupati mengajak semua pihak melakukan evaluasi akhlak masing-masing, baik sebagai masyarakat, maupun sebagai aparatur pemerintahan. “Mari kita berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki kekurangan- kekurangan selama ini. semoga kita bisa menjadi umat yang maju dan dapat meneladani akhlak Rasulullah dalam segala aspek kehidupan,” tutupnya.

Kegiatan tersebut yang menjadi Penceramah adalah Al Mukarram Ustad Umar Ismail, S.Ag dari Kota Banda Aceh dan turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli, kepala SKPK, Ulama, tokoh masyarakat, PNS, Imum mukim, dan Para Keuchik.(*)

Baca Juga:  PWI Gayo Lues Bahas Kemitraan Dengan Kapolres

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.