Pj Bupati Aceh Jaya Tinjau Lokasi Abrasi Sungai di Gampong Tuwie Peuriya

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi meninjau secara langsung lokasi abrasi sungai teunom di Gampong Tuwie Peuriya, Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (17/11/2022). ANTARAN / AL-FARABY
Bagikan:

“Ternyata dari amatan langsung penyebab abrasi sungai Teunom adalah kurang berfungsinya secara maksimal tanggul pengaman,” ucap Dr Nurdin.

Jurnalis : Al-Faraby

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi meninjau secara langsung lokasi abrasi sungai teunom di Gampong Tuwie Peuriya, Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (17/11/2022).

Dalam tinjauan tersebut, Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin turut didampingi Camat Pasie Raya, Hamdani SPd MM, Keuchik Gampong Tuwie Peuriya, Muhammad Doni BA, Keuchik Lhok Guci, Jamaluddin, tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga:  15 Personel Paskibra Penanggalan 2023 Dikukuhkan

Abrasi sungai Teunom yang akan mengakibatkan banjir di tiga gampong diantaranya Gampong Tuwie Kareung, Gampong Tuwie Peuriya dan Gampong Lhok Guci, Kecamatan Pasie Raya.

Disela tinjauannya, Dr Nurdin mengatakan, tinjauan lapangan ini dalam rangka melihat secara langsung kondisi abrasi sungai Teunom ini agar nantinya upaya penanganan dapat dilakukan segera.

“Ternyata dari amatan langsung penyebab abrasi sungai Teunom adalah kurang berfungsinya secara maksimal tanggul pengaman,” ucap Dr Nurdin.

Dr Nurdin menambahkan, jika abrasi ini terus kita biarkan, nantinya akan menyebabkan banjir di tiga gampong dan sekitarnya. Sehingga air akan masuk ke kemukiman penduduk serta juga akan berakibat fasilitas jalan dan fasilitas umum lainnya menjadi rusak.

Baca Juga:  Ahyadin Anshar dan Tomi Azrian Pimpin HAMAS 2022-2024

Melihat kondisi curah hujan yang tinggi saat ini, menurut Dr Nurdi, perlu ada langkah antisipasi berkaitan abrasi sungai teunom ini agar di tangani dengan maksimal, sehingga nantinya masyarakat tidak mengalami kerugian akibat dari abrasi ini.

“Antisipasi yang kita lakukan dengan cara mengali muara sungai agar nantinya air dapat mengalir secara lancar ke laut sembari menunggu penanganan tanggul nantinya,” tuturnya.

Dr Nurdin menyampaikan prihal terkait penganggaran, dengan mengunakan pola pembagian kewenangan. Kalau kita lihat statusnya sungai teunom ini adalah sungai lintas kabupaten dan hal ini menjadi kewenangan pihak propinsi.

Baca Juga:  Partai PKS Simeulue Daftar 20 Bacaleg ke KIP, Ini Nama-Namanya

“Namun Secara keseluruhan hal ini telah kita sampaikan ke Pj Gubernur Aceh melalui Kepala Bapedda Aceh untuk penanganan sungai sungai yang menjadi kewenangan pihak propinsi yang ada di Kabupaten Aceh Jaya perlu penanganan yang menghabiskan anggaran lebih ±600 milyar termasuk titik abrasi sungai teunom ini sudah kita ajukan,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.