Pj Bupati Aceh Selatan Tutup Pelaksanaan Manasik Haji

Pj Bupati Aceh Selatan Cut Sazalisma S.STP Selasa (30/4/2024) secara resmi menutup pelaksanaan kegiatan Manasik Haji Kabupaten Aceh Selatan di Masjid Agung Istiqamah, Tapak Tuan. ANTARAN/istimewa
Bagikan:

“Ini merupakan wujud dari pelayanan Pemerintah terhadap masyarakat, salah satunya mewujudkan haji yang mabrur bagi masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan haji,” ujarnya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|TAPAKTUAN – Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Sazalisma S.STP, secara resmi menutup pelaksanaan kegiatan Manasik Haji Kabupaten Aceh Selatan di Masjid Agung Istiqamah, Tapaktuan, Selasa (30/4/2024).

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Sazalisma S.STP dalam kesempatan itu menyampaikan rasa bangga dan syukur karena jemaah haji Aceh Selatan bisa mendapatkan bimbingan manasik, baik yang sudah dilakukan di kecamatan maupun di tingkat kabupaten oleh Kementerian Agama setempat.

“Ini merupakan wujud dari pelayanan Pemerintah terhadap masyarakat, salah satunya mewujudkan haji yang mabrur bagi masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan haji,” ujarnya.

Pj Bupati yang akrab dengan sapaan Pak Cut ini berharap, seluruh jemaah haji untuk memperbanyak berdoa, baik sebelum berangkat, dalam perjalanan maupun setelah pulang, terutama untuk kemaslahatan daerah Tgk Cut Ali ini.

Baca Juga:  Hadapi Tahun Politik, Mendagri Ajak Seluruh ASN Jaga Netralitas

“Saya turut berdoa agar jemaah haji Kabupaten Aceh Selatan selalu sehat, selamat pergi pulang dan menjadi haji yang mabrur,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Pak Cut berterimakasih kepada jajaran Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Selatan, Pimpinan Bank Aceh Syariah, Pimpinan Bank BSI dan seluruh pihak yang terkait dalam menyukseskan perjalanan ibadah haji tahun 2024.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Aceh Selatan, Khairul Huda SHI, MSi saat membuka kegiatan manasik haji pada Senin, (29/4/2024) menyampaikan bahwa jemaah haji dari kabupaten tersebut sudah siap untuk berangkat ke Tanah Suci.

Sebanyak 145 orang jemaah haji telah siap berangkat, terdiri dari 144 jemaah reguler, 1 jemaah mutasi masuk, yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 BTJ Embarkasi Aceh gelombang kedua.

Baca Juga:  Inspirasi Juara Umum PKA, Pj Bupati Aceh Selatan Fokus Kembalikan Kejayaan Pala

Dari total 145 jemaah, terdapat 53 jemaah laki-laki dan 92 jemaah perempuan. Proses persiapan mereka termasuk penyetoran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang dilakukan melalui Bank Aceh Syariah Tapaktuan, Bank Syariah Indonesia (BSI) Tapaktuan, dan Bank Mega Syariah Jakarta.

“Jemaah haji Kabupaten Aceh Selatan juga memiliki perwakilan yang lansia dengan empat jemaah tertua berusia 91 tahun. Sementara itu, jemaah termuda bernama Mustawir Muhammad Ilyas Inca, berumur 25 tahun,” jelas Pak Keuchik sapaan akrab Khairul Huda SHI MSi.

Lebih lanjut dikatakan, jadwal keberangkatan jemaah haji tersebut sudah ditetapkan, dengan jadwal masuk asrama haji Embarkasi Aceh Kloter 12 pada hari Minggu, 9 Juni 2024, pukul 08.00 pagi WIB, dan berangkat ke Arab Saudi pada hari Senin, 10 Juni 2024, pukul 07.20 WIB melalui pesawat Garuda Indonesia Airways nomor penerbangan GA2112, dengan perkiraan tiba di Jeddah pada tanggal yang sama, pukul 11.15 waktu Arab Saudi.

Baca Juga:  Calon Jemaah Haji Gayo Lues Dilepas Sekda Dari Masjid Ash-Shalihin 

Sementara itu, waktu pemulangan jemaah haji dari Madinah dijadwalkan pada hari Minggu, 21 Juli 2024, pukul 23.20 waktu Arab Saudi, dengan perkiraan tiba di tanah air pada hari Senin, 22 Juli 2024, pukul 11:50 WIB.

“Kepada seluruh jemaah kami harapkan untuk tetap menjaga kesehatan, perbanyak istirahat dan bermohon kepada Allah SWT agar dilancar semua tahapan ibadah haji. InsyaAllah akan menjadi haji yang mabrur,” imbuhnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.