Pj Bupati Aceh Tenggara Tinjau Lokasi Banjir

Pj Bupati Aceh Tenggara, Syakir berjalan ditengah banjir yang melanda kawasan kecamatan Bambel yang terbilang parah terdampak banjir sungai yang terjadi di Aceh Tenggara, Sabtu (19/08/2023). ANTARAN / Amran
Bagikan:

Kepada warga terdampak banjir, Pj Bupati Syakir berpesan, agar tetap waspada dan siaga, menyusul belum surutnya banjir pada sebagian besar wilayah kute di Aceh Tenggara dan masih tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.

Jurnalis : Amran

ANTARAN|KUTACANE – Penjabat Bupati Aceh Tenggara (Agara), Drs. Syakir, M.Si, turun ke beberapa lokasi wilayah terdampak banjir sungai dan memberikan bantuan masa panik kepada sejumlah warga, Sabtu (19/08/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tenggara, Nazmi Desky S.KM kepada antaran, Sabtu (19/8) mengatakan, dalam kunjungannya ke beberapa lokasi banjir Pj Bupati Syakir didampingi Wakil Ketua DPRK, Jamudin Selian.

Selain itu juga turut hadir Kapolres AKBP D Doni Sumarsono, Dandim 0108 /Agara Letkol Mohammad Sujoko, Plt Sekdakab Yusrizal ST dan para camat yang wilayahnya terdampak banjir.

Baca Juga:  Rapel Tak Kunjung Cair, Pj Bupati Agara Diminta Turun Tangan

Di tengah lokasi banjir yang baru sedikit surut menyusul masih turunnya hujan deras di bagian hulu sungai, Pj Bupati Syakir beserta rombongan menyerahkan 115 paket berupa beras, gula pasir, selimut, kain sarung, mie instan, makanan siap saji dan roti.

Kepada warga terdampak banjir, Penjabat Bupati Syakir berpesan, agar tetap waspada dan siaga, menyusul belum surutnya banjir pada sebagian besar wilayah kute di Aceh Tenggara dan masih tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga:  KIP Aceh Selatan Lantik 4.879 KPPS

Ada pun Kute (desa) yang sebelumnya terdampak banjir sungai Lawe Kinga dan sungai Alas diantaranya, Kute Kuta Buluh, Lawe Hijo Metuah, Lawe Hijo Gabungan, Lawe Hijo, Kuning I, Kute Seri, Rikit, Pedesi, Desa Pinding di Kecamatan Bambel, Kute Lesung, Setia Baru, Buah Pala, Teger Miko di Kecamatan Lawe Sumur.

Kemudian, di kecamatan Semadam wilayah yang terdampak banjir yakni, kute Lawe Kinga Gabungan, Lawe Kinga Lapter, di Kecamatan Bukit Tusam juga ikut terendam yakni, Kute Darul Imami, Gumpang, Kuta Lingga, Tenembak Bintang, Kuta Gekhat, Maha Singkil selanjutnya di Kecamatan Lawe Bulan meliputi Kute Pulonas Baru, Kutambaru Bencawan.

Baca Juga:  Terkait Penurunan Stunting, Pemkab Agara Lakukan Intervensi Serentak

Berdasarkan data sementara yang berhasil dihimpun petugas, terang Nazmi Desky, selain perumahan penduduk, banjir disertai lumpur juga merendam SDN 2 Lawe Hijo, Mesjid Kute Lawe Hijo, Masjid Desa Pinding, ditambah kerusakan lahan padi seluas 350,5 Ha, lahan jagung sekitar 53 Ha, sementara jumlah total korban terdampak banjir tercatat sebanyak 661 KK atau sebanyak 2.859 jiwa.

Pantauan antaran, hingga Sabtu (19/08/2023) jalan nasional Kutacane- Tiga Binanga khususnya di kawasan kute Lawe Hijo dan Kuning Kecamatan Bambel masih digenangi air, demikian juga beberapa kute di pinggiran sungai Lawe Kinga yang tanggul pengaman sungai yang jebol dihantam banjir.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.