Pj Bupati dan Kapolres Aceh Jaya Pantau Lokasi Banjir

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin melakukan peninjauan dan pemantauan lokasi banjir yang menggenangi badan jalan kabupaten setinggi 0,5 meter di Gampong Panton Krueng, Kecamatan Panga, Selasa (02/082022) malam sekitar pukul 20.00 WIB. ANTARAN / SUPRIJAL YUSUF
Bagikan:

“Untuk menghindari banjir ini, DAS Krueng Inong sejauh 150 meter harus diluruskan. Sehingga arus air bisa lancar mengalir terus ke muara. Kalau ini sudah ditangani Insya Allah banjir akan teratasi,” ungkap Camat.

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin melakukan peninjauan dan pemantauan lokasi banjir yang menggenangi badan jalan kabupaten setinggi 0,5 meter di Gampong Panton Krueng, Kecamatan Panga, Selasa (02/082022) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Pj Bupati Nurdin didampingi Kapolres Aceh Jaya, AKBP Yudi Wiyono SIK, dan Camat Panga, Mawardi, turun ke lokasi banjir tersebut. Setelah mendapat laporan dari masyarakat, bahwa badan jalan kabupaten menuju ke kawasan pedalaman Panga tersebut, tergenang air setinggi hampir satu meter sepanjang 200 meter.

Baca Juga:  Mesin Mati Saat Nanjak, Mobil Xenia di Simeulue Terjun ke Jurang

Menyusul hujan lebat melanda Aceh Jaya sejak Senin malamm hibgga Selasa sore. Akibat jalan tergenang air, menyebabkan akses ke dua gampong yaitu, Panton Krueng, dan Gle Putoh, terganggu.

Untuk bisa mengakses ke kawasan pedalamn Panga tersebut, masyarakat dilaporkan terpaksa mengunakan alat penyeberangan rakit kayu yang sangat sederhana yang ditarik menggunakan tali. Dua gampong pedalaman itu didiami sekitar 470 jiwa.

Pj Bupati Dr Nurdin bersama rombongan yang tiba dilokasi jalan tersebut, sempat naik rakit kayu bersama Kapolres AKBP Yudi yang ditarik Putra (25) warga setempat. Air memang terlihat sudah menyusut dan hanya tinggal setinggu 0,5 meter lagi.

Baca Juga:  Sanggar Seni di Bener Meriah Terima Bantuan Dari Kementerian Sosial

“Kalau tadi siang air sempat menncapai satu meter mengenangi badan jalan ini. Tapi sekarang sudah mulai surut,” ungkap seorang warga.

Dalam kegelapan malam hanya dibantu alat penerang senter dan lampu mobil. Pj Bupati memantau lokasi banjir. tersebut, langsung memanggil Camat Panga, Mawardi dan Sekgam (Sekretaris Gampong) Panton Krueng, Herman yang saat itu memang berada dilokasi.

Pj Bupati menanyakan penyebab banjir yang menggenangi badan jalan tersebut, setiap kali hujan lebat. Camat Panga, Herman menjelaskan, penyebab banjir yg menggenangi badan jalan tersebut akibat luapan air sungai Krueng Inong. Karena daerah aliran sungai (DAS) Krueng Inong tidak lurus lagi dan terjadi kelokan.

Baca Juga:  385 Pengulu Kute Se-Agara Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Dana Kute

“Untuk menghindari banjir ini, DAS Krueng Inong sejauh 150 meter harus diluruskan. Sehingga arus air bisa lancar mengalir terus ke muara. Kalau ini sudah ditangani Insya Allah banjir akan teratasi,” ungkap Camat.

Mendapat laporan tersebut, Pj Bupati meminta Camat dan Keuchik untuk segera.membuat.laporan tertulis tekait penanganan banjir tersebut.

Usai melakukan pamantauan banjir tersebut Pj Bupati kembali pulang ke Calang. Karena harus memimpin rapat dengan para pimpinan dewan dan sejumlah kepala SKPK di Meuligo Bupati. Rapat membahas berbagai hal tentang.langkah pembangunan Aceh Jaya berlangaung hingga larut malam pukul 24.30 WiB.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.