Pj Bupati Simeulue Hadiri Rakor Netralitas ASN Menghadapi Pemilu 2024

Pj Bupati Simelue Ahmadiyah.SH Saat Melakukan Rakor Netralitas ASN Secara Virtual Bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. ANTARAN/foto ist
Bagikan:

“Maka diharuskan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak terlibat dalam berbagai bentuk kegiatan yang berbau kampanye,” sebut Mendagri.

Jurnalis: Ardiansyah

ANTARAN | SIMEULUE – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Simeulue Ahmadlyah, SH, menghadiri rapat koordinasi terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mengahadapi tahun politik 2024 mendatang, Jum’at (17/11/2023).

Rapat Koordinasi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Jakarta secara virtual, yang diikuti oleh seluruh Penjabat Gubernur dan Penjabat Bupati seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Kesiapan Coklit Pemilu 2024, Pantarlih se-Aceh Selatan Gelar Apel Serentak

Pada kesempatan itu Mendagri Tito Karnavian mengatakan, seiring dengan akan dilaksanakan kontestasi politik jelang pemilihan umum (Pilpres, Pileg dan Pilkada) pada tahun 2024 mendatang.

“Maka diharuskan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak terlibat dalam berbagai bentuk kegiatan yang berbau kampanye,” sebut Mendagri.

Lebih lanjut, Mendagri Tito Karnavian mengatakan, regulasi yang menentukan ASN untuk tidak terlibat tertuang dalam undang-undang yang mengandung dasar hukum netralitas ASN, diantaranya Pasal 9 ayat 2 UU nomor 20 tahun 2023 yang menyatakan bahwa ASN harus bebasdari pengaruh dan intervensi dari semua golongan dan Parpol.

Baca Juga:  Abu Heri, Sosok Dermawan dan Peduli Masyarakat Didorong Raih Kursi DPRA

“Selanjutnya Pasal 24 ayat 1 UU nomor 20 tahun 2023 yang menyatakan bahwa ASN wajib menjaga netralitas, serta undang – undang lainnya yang menyatakan tentang netralitas para pegawai ASN,” demikian Tito Karnavian.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.