Pj Bupati Syakir Lepas Kafilah MTQ Agara

Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs Syakir M.Si menyerahkan bendera Kafilah Aceh Tenggara kepada Kadis Syariat Islam, Iqbal Selian S.Ag untuk dibawa ke MTQ tingkat Provinsi Aceh ke-36 di Kabupaten Simeulue. ANTARAN / Fandi
Bagikan:

“Tentunya semua kita berharap, membaca Alquran tidak hanya dilakukan ketika akan ada perlombaan atau sayembara saja, akan tetapi hendaknya Alquran dapat dibaca serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Pj Bupati. 

Jurnalis : Fandi

ANTARAN| KUTACANE – Pj Bupati, Drs Syakir M.Si melepas keberangkatan Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh Tenggara menuju Kabupaten Simeulue, untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Aceh 2023.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten, kami mengapresiasi sebesar-besarnya kepada kafilah MTQ Aceh Tenggara,” ujar Pj Bupati Syakir saat melepas Kafilah Aceh Tenggara di Masjid Raya At Taqwa Kutacane, Jumat (23/11/2023).

Pj Bupati juga berharap kepada para kafilah agar tetap menjaga kesehatan selama berjuang, dalam meraih prestasi terbaik, serta dapat mengharumkan nama baik bumi Sepakat Segenep.

Syakir juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pelatih yang kompeten atas komitmen, dedikasi dan segala ikhtiar yang telah diberikan kepada qari-qariah, hafizh-hafizhah serta seluruh kafilah MTQ, dalam rangka meningkatkan kualitas keagamaan, mental dan spritualnya.

Baca Juga:  Keuchik, Bidan dan PRG Dapatkan Wawasan Admindukcapil

Kata Pj Bupati, ajang MTQ ini merupakan salah satu antisipasi bersama untuk selalu memasyarakatkan, menggelorakan upaya pencegahan dan menghindarkan masyarakat, terutama generasi muda agar tidak tumbuh dan besar dalam suasana yang tidak Islami.

“Tentunya semua kita berharap, membaca Alquran tidak hanya dilakukan ketika akan ada perlombaan atau sayembara saja, akan tetapi hendaknya Alquran dapat dibaca serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Pj Bupati menyarankan.

Dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Aceh yang ke 36 di Kabupaten Simeulue ini, Pemkab Agara bersama pelatih sudah memiliki target yang ingin dicapai. Namun demikian, diharapkan para peserta tidak perlu terbebani dengan target yang ditetapkan.

Baca Juga:  Pilchiksung 13 Gampong di Samadua Sukses dan Demokratis

“Jangan berkecil hati jika tidak terpilih sebagai pemenang dalam kegiatan ini. Keikut sertaan dalam MTQ ini, sudah merupakan bukti bahwa saudara-saudari adalah kafilah yang layak untuk mewakili Kabupaten Agara. Karena itu, semangat juang dan kekompakan Kafilah harus tetap dijaga dan diutamakan,”  pungkas Pj Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Syariat Islam M. Iqbal Selian melaporkan, Kafilah yang berangkat menuju MTQ Tingkat Provinsi ke-36, tercatat sebanyak 75 orang diantaranya, panitia 4 orang, pelatih 8 orang, official 12 orang, peserta 42 orang terdiri dari peserta laki – laki 20 orang dan peserta perempuan 22 orang seta medis 1 orang, media TV Agara 2 orang.

Pada MTQ tingkat Provinsi ke-36 ini, Aceh Tenggara mengikuti 7 cabang, yakni cabang Tilawah Quran, Hafzhil Quran, Tafsir bahasa Inggris, Fahmil Quran, Syahril Quran, Khattil Quran, dan Karya Tulis Ilmiah Quran.

Baca Juga:  Dandim Abdya Apresiasi Masyarakat Alue Mangota Tinjau Lokasi TMMD

Untuk peserta Tolawah Quran sebanyak 12 orang, lanjut Iqbal Selian, peserta Hafzhil Quran 8 orang, Tafsir Bahasa Inggris 1 orang, peserta Fahmil Quran putra, putri 6 orang, peserta Syahril Quran putra, putri 6 orang, peserta Khattil Quran 8 orang, dan untuk peserta karya tulis ilmiah Quran 1 orang.

Informasi diterima antaran dari berbagai sumber menyebutkan, pada MTQ tingkat Provinsi Aceh ke-35 yang berlangsung di Kabupaten Bener Meriah Juni 2022 lalu, dari 23 Kabupaten dan Kota yang ikut, Aceh Tenggara berada di urutan ke-19ke-19.

Sedangkan nilai yang diperoleh Kafilah Aceh Tenggara hanya 5 dan terpaut jauh dari kafilah Kabupaten Aceh Besar yang keluar sebagai Juara Umum dengan perolehan nilai sebesar 69, disusul Pidie dan Aceh Timur dengan nilai masing- masing 42.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.