Pj Bupati Syakir Lepas Keberangkatan 114 Jamaah Calon Haji Aceh Tenggara

Jamaah calon haji Aceh Tenggara mendengarkan arahan dari Pj Bupati beberapa saat sebelum di Peusijuk di Oproom Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, pada Jumat (31/05/2024) malam. ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

“Ibadah haji merupakan salah satu rukun termasuk dalam rukun Islam yang ke lima, karena itu diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya, baik dari segi ekonomi dan kesehatan baik fisik maupun mental,” ujarnya.

Jurnalis : Fandi

ANTARAN|KUTACANE – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tenggara, Drs Syakir M.Si melalui Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tenggara, melepas keberangkatan calon jamaah haji Aceh Tenggara, Jumat (31/05/2024).

Selain pejabat Forkopimda, pelepasan 114 jamaah calon haji di Oproom Pemerintah Aceh Tenggara tersebut, diawali dengan tepung tawar (Peusijuk) dari tokoh Agama bumi Sepakat Segenep itu.

Baca Juga:  Jaga Koordinasi, Kapolsek Kluet Timur Silaturrahmi dengan Panwascam dan PPK

Pj Bupati ,Drs Syakir M.Si melalui Asisten III Setdakab Agara, Drs H Jamanudin dalam sambutanya menyampaikan, keberangkatan 114 orang jamaah calon Haji yang tergabung dalam Kloter 5 Kabupaten Aceh Tenggara, merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah Haji dengan niat menghadap ridho Allah Subhanallah wata’ala.

“Ibadah haji merupakan salah satu rukun termasuk dalam rukun Islam yang ke lima, karena itu diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya, baik dari segi ekonomi dan kesehatan baik fisik maupun mental,” ujarnya.

Selain itu, sebut Jamanuddin, ibadah haji yang akan dilaksanakan juga secara tidak langsung membawa nama baik daerah, dan nama baik Bangsa.

Baca Juga:  Dandim Asel Hadiri Apel Kesiapsiagaan Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla 

Lebih lanjut, kata Asisten III, para jamaah calon haji juga diharapkan untuk selalu menatati berbagai peraturan yang ada, tertib dan khusyu’.

“Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi serta mengikuti petunjuk dan panduan yang telah diberikan oleh panitia penyelenggara ibadah haji setempat,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Panitia Pelepasan Jama’ah calon Haji Agara M. Ridwan mengatakan, berdasarkan surat dari Kepala Kemenag Aceh Tenggara mengenai keberangkatan calon jamaah Haji Aceh Tenggara.

Baca Juga:  Rangkaian Apel HSN, Wali Kota Serahkan SK Izin Dua Ponpes

“Jamaah Aceh Tenggara tergabung dalam gelombang pertama keberangkatan menuju Mekkah dalam kloter 5 dan akan berangkat menuju mekkah pada tanggal 02 Juni 2024 pukul 19.30. WIB,” katanya.

Adapun jumlah jamaah yang berangkat tahun 2024, tercatat sebanyak 114 orang diantaranya, 49 Laki-laki dan 65 orang perempuan.

Sementata, calon jam’ah haji yang tertua tercatat atas nama Nomin Tulung (Perempuan) umur 93 tahun alamat Desa Alur Langsat Kecamatan Lawe Alas dan Calon jam’ah haji termuda yaitu Fitriyanti (Perempuan) umur 31 tahun alamat Desa Mendabe Kecamatan Babussalam.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.