Pj Bupati Syakir Sidak Kegiatan Fisik

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tenggara (Agara), Drs Syakir, M.Si, melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah proyek untuk melihat progres realisasi pelaksanaan kegiatan fisik tahun 2023, Sabtu (21/10/2023). ANTARAN / Fandi
Bagikan:

“Dengan melakukan upaya percepatan dalam mengejar keterlambatan realisasi fisik di lapangan,” ujar Syakir.

Jurnalis : Fandi

ANTARAN|KUTACANE – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tenggara (Agara), Drs Syakir, M.Si, melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah proyek untuk melihat progres realisasi pelaksanaan kegiatan fisik tahun 2023, Sabtu (21/10/2023).

Sidak yang dilakukan Syakir didampingi Plt Sekretaris Daerah, Yusrizal ST, Inspektur Insektorat, Abd Kariman, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Julkarnain,SE, Kadis PUPR Sadli ST, Kadis Perkimtan, Mohd. Asbi, ST, Kalaksa BPBD Agara, Nazmi Desky, S.KM, Kadis PPKB, Budi Afrizal dan beberapa Kepala OPD lainnya.

Di hadapan seluruh pimpinan OPD dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di lingkungan OPD masing-masing, Syakir mengatakan, sidak dilakukan terhadap beberapa kegiatan fisik yang dilaksanakan yang menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU), menyusul akan berakhirnya kegiatan pada Nopember hingga Desember 2023 akan datang.

Baca Juga:  Berkah, Nelayan Tradisional di Abdya Panen Udang Rebon

Kemudian, Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2023. Berdasarkan sidak yang dilakukan, pimpinan OPD diminta untuk melakukan upaya percepatan terhadap beberapa kegiatan yang masa pelaksanaan kontraknya berakhir pada November ini.

Sedangkan progres realisasi fisiknya masih rendah, sehingga termasuk pada kategori berisiko tinggi (Resti). “Beberapa titik sampel yang diambil tadi, ada yang sudah selesai seratus persen, ada yang masuk dalam proses evaluasi APIP, dan ada juga dalam Provity Audit,” sebutnya.

Baca Juga:  Wamenkominfo Nezar Patria Harapkan Diplomasi Kuliner Aceh Diperluas

Jadi, kata Syakir, dengan kondisi waktu yang sisa satu atau dua bulan lagi maka, dibutuhkan perhatian bersama antara OPD dengan pihak perusahaan penyedia jasa konstruksi. “Dengan melakukan upaya percepatan dalam mengejar keterlambatan realisasi fisik di lapangan,” ujar Syakir.

Syakir juga meminta Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab untuk melaporkan secara rutin,terkait perkembangan kegiatan fisik tahun 2023 per minggunya, pimpinan OPD juga segera melaporkan progres kegiatan dengan membuat format pantau dan membuat berita acara hasil Pemeriksaan bersama.

“Apabila ada hal-hal di lapangan yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis, sebagai dasar dilaksanakannya perbaikan terhadap pekerjaan tersebut, sehingga kegiatan fisik tahun 2023 bisa selesai tepat waktu dan sesuai dengan spesifikasi teknis,” sebut Pj Bupati.

Baca Juga:  Pj Bupati Darmansah Teken MoU Bidang PTUN Bersama Kajari Abdya

Sebagai langkah pecepatan, sambung Plt Sekda Yusrizal, ST pihaknya juga mendesak pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pelaksana kegiatan fisik yang progresnya masih rendah untuk segera menggelar rapat bersama penyedia jasa, konsultan pengawas dan Tim Teknis, dengan harapan dapat dilakukan percepatan penyelesaian pelaksanaan kegiatan sebelum berakhirnya tahun anggaran 2023.

Selain itu, Yusrizal juga meminta Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP), dapat melakukan pengawasan melekat terhadap pelaksanaan percepatan penyelesaian kegiatan fisik tahun 2023, agar upaya percepatan dapat disertai dengan penjaminan kualitas pekerjaan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.