Pj Gubernur Aceh Beri Perhatian Serius Kelanjutan Pembangunan Irigasi Lhok Guci

Pj Gubernur Aceh, H Bustami Hamzah
Bagikan:

Untuk kunker di Aceh Utara akan meninjau proyek Waduk Keureuto. Terakhir Pj Gubernur akan meninjau proyek pembangunan Waduk Rukoh di Pidie.

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARAN|SINGKIL – Pj Gubernur Aceh, H Bustami Hamzah memberi perhatian serius terhadap kelanjutan Proyek Daerah Irigasi (DI) Teknis Lhok Guci yang berada di kawasan Pantee Cermin, Kabupaten Aceh Barat.

Terkait hal tersebut, orang nomor di Aceh itu, langsung memerintahkan Kepala Dinas Pengairan Aceh, Ir Ade Surya, guna melakukan inventaris terkait kendala yang dihadapi di lapangan untuk kelanjutan pelaksanaan proyek irigasi tersebut.

Instruksi ini disampaikan langsung Pj Gubernur Aceh, dalam rapat terbatas di Pendopo Bupati Aceh Singkil, Minggu (29/04/2024) dinihari tadi, di sela-sela kunjungannya ke daerah tersebut.

Baca Juga:  Pj Gubernur Pimpin Pelepasan Jamaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Aceh

Rapat terbatas ini, sebenarnya membahas persiapan kelanjutan kunjungan kerja (kunker) road show ke tiga kabupaten lainnya meliputi, Aceh Tengah, Aceh Utara dan Pidie.

Di Aceh Tengah, Pj Gubernur dan rombongan akan melakukan peninjauan pembangunan proyek venue Pacuan Kuda untuk PON 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) dan proyek PLTA Peusangan.

Untuk kunker di Aceh Utara akan meninjau proyek Waduk Keureuto. Terakhir Pj Gubernur akan meninjau proyek pembangunan Waduk Rukoh di Pidie.

Menurut Pj Gubernur Aceh, penanganan soal pangan merupakan program terpenting dimasa pemerintahannya yang singkat ini.

Baca Juga:  Pj Bupati Simeulue Dinilai Gagal Berikan Perubahan di Kabupaten Simeulue

Maka terkait proyek DI Teknis Lhok Guci yang bila rampung dibangun akan mampu mengairi belasan ribu areal sawah masyarakat di Aceh Barat.

“Tentunya bila proyek irigasi ini rampung dibangun dalam waktu dekat, akan menambah produksi pangan nasional. Tentu pada akhirnya program swasembada dan ketahan pangan yang tangguh akan terealisasi,” kata Pj Gubernur H Bustami Hamzah..

Maka untuk itu, Pj Gubernur meminta Kadis Pengairan Aceh supaya segera melakukan koordinasi dengan Balai Sumber Dayah Air Wilayah Aceh dan Pemkab Aceh Barat, guna menginventarisir persoalan dan kendala yang dihadapi di lapangan terkait kelanjutan pembangunan proyek irigasi teknis tersebut yang diperkirakan menelan biaya sekitar satu triliun lebih.

Baca Juga:  Jelang Pelaksanaan PON, Irjen Kemendagri Ingatkan Pemerintah Aceh “Sedia Payung Sebelum Hujan”

“Saya tidak mau proyek ini terkendala dalam kelanjutan pembangunnya. kalau ada masalah di lapangan, harus segera dikoordinasikan dengan pihak terkait untuk segera dapat kita selesaikan. Proyek irigasi ini sudah mendapat perhatian dari Bapak Presiden Joko Widodo,” ungkap Pj Gubernur Aceh H Bustami Hamzah.

Proyek DI Teknis Lhok Guci yang sudah masuk dalam/Program Strategis Nasional (PSN) itu, mulai dilakukan pembangunnya sejak 2004 lalu. Dan saat ini, bagian bendungan sudah rampung dikerjakan, sementara saat ini hanya tinggal kelanjutan pembangunan jaringan saluran irigasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.