Pj Gubernur Aceh Bersama Pj Aceh Besar dan Kota Banda Aceh Pantau Stok dan Harga Pangan

Pj Gubernur Aceh Bustami, SE, M.Si didampingi Pj Sekda Aceh Azwardi, Pj. Bupati Aceh Besar Iswanto, PJ walikota Banda Aceh Amiruddin, Kasdam Iskandar muda Hadi Basuki, Ditkrimsus Polda Aceh Winardy dan SKPA memantau stok bahan pangan dan daging Jelang Idul fitri di Pasar Al-Mahirah Gp. Lamdingin Banda Aceh. ANTARAN/Istimewa.
Bagikan:

“Kami bersama Pj Bupati Aceh Besar dan Kota Banda Aceh turun gunung memastikan stok dan harga pangan tersedia serta stabil,” kata H Bustami Hamzah.

Jurnalis: Suprijal Yusuf

ANTARAN l BANDA ACEH – Memastikan stok dan harga tidak bergejolak, Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami Hamzah SE MSi, mendatangi Pasar Al Mahirah Lamdingin Banda Aceh dan Pasar Induk Lambaro Aceh Besar, Sabtu, (6/4/2024).

Informasi dihimpun, kedatangan orang nomor satu di Pemerintah Aceh bersama Pj bupati Aceh Besar dan Kota Banda Aceh ke pusat perbelanjaan bertujuan untuk memantau stok dan harga bahan pangan terkini jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Diluar dugaan, Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah didampingi Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin serta Pj Sekda Aceh Azwardi turun barengan melakukan peninjauan.

Sontak saja para pedagang di kedua pasar tersebut antusias menyambut kedatangan Pj Gubernur Aceh yang selama ini didambakan dekat dengan rakyat.

Salah seorang pedagang, Fakhri penjual bahan pokok di Pasar Al Mahirah menjabarkan kepada orang-orang penting tersebut harga terkini sejumlah komoditas pangan.

“Bukan kelakukan pedagang pak, sejumlah harga komoditas mengalami kenaikan seperti; bawang merah, cabai, dan kentang. Khusu beras sedikit mengalami penurunan dari harga sebelumnya pak,” ujar Fakhri kepada Pj Gubernur.

Turut disampaikan, selain komoditas pertanian, kenaikan harga di pasar Al Mahirah juga terjadi pada komoditas peternakan seperti daging sapi dan ayam potong.

Usai berbincang tentang kenaikan harga dengan Fakhri, Pj Gubernur Bustami memborong sejumlah bahan dagangan pedagang tersebut.

Usai memantau Pasar Al Mahirah, Pj Gubernur bersama rombongan menuju Pasar Lambaro. Disana, ia juga mendapati kondisi harga yang serupa dan mendapati sejumlah masyarakat mengeluh akibat harga kebuhan naik tajam.

Terakhir Pj Gubernur dan rombongan juga berkunjung ke Gudang Bulog di Gampong Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Berdasarkan laporan pihak Bulog, ketersediaan beras cukup sampai empat bulan ke depan.

“Alhamdulillah, persediaan beras bisa mencukupi kebutuhan masyarakat hingga empat bulan ke depan. Artinya, stok beras Aceh tidak ada kendala,” imbuh Bustami Hamzah kepada awak media.

Pj Gubernur Aceh, mengakui sejumlah komoditas pangan ada yang mengalami kenaikan dan juga ada yang justru menurun. Sementara terkait ketersediaan barang, ia yakin masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama libur panjang lebaran.

“Kenaikan harga ini, kita sikapi dengan operasi pasar yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan di sejumlah lokasi. Solusi lain, kita juga bersinergi dan berkolaborasi dengan TNI-Polri untuk menstabilkan harga serta tidak terjadi permainan,” pungkas Bustami Hamzah.

Sementara itu, Ditreskrimsus Polda Aceh Kombes Pol Winardy, juga menegaskan pihaknya akan terus memonitor kondisi lapangan, supaya inflasi dan ketersediaan bahan pangan di Aceh tetap terjaga.

“Iya, kami terus memonitor perkembangan di lapangan, sehingga inflasi dapat diatasi dengan baik serta perekonomian warga terus berkembang di Aceh,” tutupnya. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.