Pj Gubernur Aceh Tinjau Lahan Poktan Teuku Umar Farm 

Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, didampingi Danrem 012/TU, Kolonel Inf Riyanto S.I.P., meninjau lahan pertanian dan peternakan milik Kelompok Tani Teuku Umar Farm, di lokasi Korem Teuku Umar Meulaboh, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (10/05/2023). Foto Penrem012/TU
Bagikan:

“Potensi Aceh sangat bagus. Orang bilang tanah rawa susah ditanami tanaman, buktinya ini jadi kok,” kata Achmad Marzuki. 

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|MEULABOH – Danrem 012/TU, Kolonel Inf Riyanto S.I.P., menyambut kedatangan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, untuk meninjau lahan pertanian dan peternakan milik Kelompok Tani Teuku Umar Farm, di lokasi Korem Teuku Umar Meulaboh, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (10/05/2023).

Di lahan tersebut saat ini ditanami jagung, kacang tanah, bawang, pare, gambas, cabai dan padi. Bahkan ada juga ternak sapi, bebek dan ikan lele. “Potensi Aceh sangat bagus. Orang bilang tanah rawa susah ditanami tanaman, buktinya ini jadi kok,” kata Achmad Marzuki.

Baca Juga:  Jalin Silaturahmi, Kapolres Aceh Selatan Temui Tokoh Agama

Ia meminta agar Bupati mengajak serta Dandim dan Danrem untuk memberikan motivasi kepada masyarakat di lahan berawa pun jika digarap dengan baik akan menghasilkan hasil tanaman yang bagus.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 012/TU mengatakan tentang kondisi lahan disini dulunya adalah hutan rawa beranta tetapi sekarang menjadi lahan yang produktif.

“Kita juga membangun sekat kanal blocking system yang bertujuan untuk menahan air sehingga areal lahan gambut tetap terus basah saat musim kemarau tiba,” ucap Danrem.

Baca Juga:  Perluas Peluang Kerja, Pemkab Aceh Jaya Lakukan Pelatihan Ketrampilan 

Dengan begitu, lanjut Danrem, kebakaran lahan di areal rawan kebakaran dapat diantisipasi dengan sekat kanal dan juga dapat dimanfaatkan sebagai kerambah Ikan serta untuk menyiram tanaman.

Dijelaskan Danrem, apa yang dilakukan Kelompok Tani Teuku Umar Farm ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan terintegrasi, dimana pengembangan tanaman dengan pupuk organik hasil kotoran hewan yang dipelihara di sana.

“Dan para anggota kelompok tani juga menanam berbagai macam pakan ternak seperti rumput, dedaunan dan pohon pisang,” papar Kolonel Inf Riyanto.

Baca Juga:  Pj Gubernur Aceh Hadiri Ratas Dengan Presiden

Pada saat kunjungan, Pj Gubernur Aceh berkesempatan menanam Bawang pada lahan seluas 54 Ha tersebut, bahkan Achmad Marzuki ikut memanen cabai dan gambas.”Kerja sama yang baik seperti ini penting,” kata Achmad Marzuki.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.