Pj Gubernur Aceh Ziarah ke Makam Sang Abu

Pj Gubernur berziarah ke makam sang Abu --sapaan akrab beliau untuk orang tua laki-lakinya--- di Gampong Nicah, Kecamatan Grong-Grong, Pidie, Jumat (12/04/2024) siang. Terlihat sedang menyiram air ke pusara kuburan orang tuanya. ANTARAN / Suprijal Yusuf
Bagikan:

Di pemakaman, Pj Gubernur Aceh H Bustami Hamzah memanjatkan doa kepada sang Abu, dalam suasana penuh hening dengan mata berkaca-kaca, sembari mengusap batu nisan dan membasuh muka.

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARAN|SIGLI – Pj Gubernur Aceh, H Bustami Hamzah bersama keluarga pulang kampung ke Gampong Nicah, Kecamatan Grong-Grong, Kabupaten Pidie, Jumat (12/04/2024) sekitar pukul 11.05 WIB.

Selama berada di kampung kelahiran orang nomor satu Aceh itu, tadi siang melakukan agenda shalat jumat dan ziarah ke makam sang Abu –sebutan akrab beliau kepada orang tua laki-lakinya.

Setelah melakukan perjalanan sekitar satu jam lebih melalui jalan tol Sibanceh, rombongan Pj Gubernur Aceh tiba di Grong-Grong dan langsung menuju Masjid Al Ihsan Kemukiman Memeuanek, untuk melakukan shalat Jumat. Di masjid ini Pj Gubernur disambut oleh warga dalam suasana penuh keakraban.

Baca Juga:  Jelang Pelaksanaan PON, Irjen Kemendagri Ingatkan Pemerintah Aceh “Sedia Payung Sebelum Hujan”

Usai shalat Jumat, Pj Gubernur Aceh H Bustami Hamzah yang turut didampingi istri tercinta, Mellani Subarn dani dua putra tersayang yang masih duduk di kelas V sekolah dasar itu, langsung berziarah ke pemakaman orang tuanya, almarhum Teuku Hamzah bin Teuku Agam di Gampong Nicah.

Di pemakaman, Pj Gubernur Aceh H Bustami Hamzah memanjatkan doa kepada sang Abu, dalam suasana penuh hening dengan mata berkaca-kaca, sembari mengusap batu nisan dan membasuh muka.

Kemudian, dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin, Tgk Sulaiman (pimpinan Dayah Pesantren Qaryatul Huda, Gampong Nicah) yang sudah menunggu rombongan Pj Gubernur di lokasi makam tersebut.

Baca Juga:  Kajari Gayo Lues : Pemuda Harus Bisa Menjadi Pelopor Pembangunan

Dari makam orang sang Abu, Pj Gubernur H Bustami Hamzah bergerak ke makam abang kandungnya, almarhum H Teuku Bukhari bin Teuku Hamzah yang berada sekitar 40 meter jaraknya.

Di makam ini, H Bustatami Hamzah sempat juga terpaku beberapa saat, sembari mengenang nostalgia disaat-saat masih bersama sang abang. Karena, Pj Gubernur Aceh ini dikenal cukup dekat dengan abangnya disaat masih hidup.

Usai berziarah, Pj Gubernur langsung menuju rumah orang tuanya yang berjarak sekitar 700 meter. Sesampai di rumah, rombongan disambut ratusan warga yang sudah menunggu kedatangan putra daerah terbaik Gampong Nicah yang kini memimpin Aceh.

Baca Juga:  Kedatangan Wamenkominfo dan Pj Gubernur Disambut Kepala BPKA

Di rumah inilah, H Bustami Hamzah dilahirkan dari pasangan almarhum Teuku Hamzah dan Hj Hendiah (87) pada tanggal 22 Juli 1967.

Sepanjang pagi hingga sore tadi, Pj Gubernur Aceh H Bustami Hamzah bercengkraman dengan sanak famili dan kerabat dekat, serta teman lama semasa kecil.

Suasana begitu hidup penuh tawah dan canda gurau, bahkan tak terlihat batas antara sosok H Bustami Hamzah yang kini menjadi orang nomor satu di Aceh dengan warga Nicah.

Pj Gubernur dijadwalkan berlebaran dengan warga Grong-Grong dengan melakukan open house dikediaman orang tuanya di Gampong Nicah hingga, Sabtu (13/04/2024) sore.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.