Pj Gubernur Pimpin Pelepasan Jamaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Aceh

Penjabat Gubernur Aceh Bustami melakukan pelepasan jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) Pertama Jamaah Calon Haji Aceh di Asrama Haji, Banda Aceh Rabu (29/05/2024). ANTARAN / Foto Humas Pemerintah Aceh
Bagikan:

L”Saya yakin, seluruh jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini sudah mempersiapkan diri secara maksimal. Hal-hal penting seputar haji tentunya sudah disampaikan oleh berbagai pihak termasuk persiapan manasik haji,” kata Bustami.

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARAN|BANDA ACEH – Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah melakukan pelepasan jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) Pertama Jamaah Calon Haji Aceh di Asrama Haji, Banda Aceh Rabu (29/05/2024). Kloter pertama ini akan terbang menuju Arab Saudi pada hari ini melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda.

Kloter pertama terdiri atas 393 jamaah, dengan rincian 342 jamaah asal Aceh Besar, 43 jamaah asal Sabang, 5 petugas petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) dan 3 orang petugas haji daerah (PHD).

Bustami dalam sambutannya berharap kepada seluruh masyarakat Aceh yang berkesempatan untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci agar memanfaatkan kesempatan yang berharga ini dengan melaksanakan berbagai amalan yang telah disyariatkan sehingga menjadi haji yang mabrur.

Baca Juga:  Pemerintah Aceh Raih Juara Pertama Anugerah Adinata Syariah 2024

“Saya yakin, seluruh jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini sudah mempersiapkan diri secara maksimal. Hal-hal penting seputar haji tentunya sudah disampaikan oleh berbagai pihak termasuk persiapan manasik haji,” kata Bustami.

Namun demikian, Bustami mengimbau kepada seluruh Jamaah Calon Haji untuk tetap menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Bustami juga mengatakan, perubahan cuaca yang ekstrim, kondisi alam yang berbeda, termasuk cita rasa makanan atau masakan yang berbeda, sedikit banyak akan berpengaruh pada diri jamaah.

“Kabar yang kami peroleh menyebutkan bahwa cuaca pada musim haji kali ini diprediksi akan cukup panas, terutama di siang hari, bisa mencapai 50 derajat celcius,” ungkapnya.

Baca Juga:  Diharap Guru di Aceh Cakap Menulis Karya Tulis Ilmiah

Karena itu, Pj Gubernur Aceh berpesan kepada para jamaah untuk memiliki stamina dan mental yang kuat agar dapat menjalankan semua rangkaian ibadah yang ditentukan. “Terlebih lagi, jamaah terkadang harus berjalan cukup jauh menuju tempat-tempat untuk menunaikan ibadah,” kata Bustami.

Lebih lanjut, Bustami mengatakan, dalam menyambut ibadah haji tahun ini, tema yang diusung adalah “Haji Ramah Lansia”, yang menggarisbawahi pentingnya perhatian terhadap para jamaah yang telah mencapai usia lanjut.

Pemerintah, lanjut Bustami, juga telah menetapkan beberapa orang petugas untuk setiap kloter yang akan membimbing dan menolong Bapak dan Ibu sekalian. Untuk itu, para jamaah haji diminta untuk tidak ragu berkonsultasi manakala dirasa ada permasalahan yang timbul baik dari segi ibadah maupun kesehatan.

Baca Juga:  Pj Gubernur Aceh: Silaturrahmi Kunci Menghadapi Tantangan Zaman

Pada kesempatan itu Bustami juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kakanwil Kemenag Aceh dan jajarannya, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Ulama, Dinas dan Instansi terkait.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada pihak Garuda Indonesia Banda Aceh, Angkasa Pura Sultan Iskandar Muda, Pimpinan Media Cetak dan Elektronik, dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif sehingga proses pemberangkatan ibadah haji tahun 1445 H melalui Embarkasi Aceh dapat terlaksana dengan baik.

“Kami juga mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh Jamaah Calon Haji Embarkasi Aceh. Kami berdoa semoga Bapak/Ibu senantiasa diberi kesehatan dan kesabaran selama berada di Tanah Suci hingga dapat kembali ke Aceh dengan haji yang mabrur,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.