Pj Ketua PKK Aceh Ayu Marzuki Blusukan ke Pedalaman Gayo Lues 

Pj Ketua TP PKK Aceh, Ayu Marzuki blusukan ke pedalaman Gayo Lues guna melihat langsung kondisi Desa Perlak, Kecamatan Tripe Jaya yang ditunjuk sebagai Desa Gamawar, Rabu (26/07/2023). ANTARAN / Bayu Y
Bagikan:

“Kami sangat berterimakasih atas pengobatan gratis yang melibatkan berbagi dokter spesialis,” kata Asral.

Jurnalis : Bayu Y

ANTARAN|BLANGKEJEREN – Pj Ketua TP PKK Aceh, Ayu Marzuki blusukan ke pedalaman Gayo Lues guna melihat langsung kondisi Desa Perlak, Kecamatan Tripe Jaya yang ditunjuk sebagai Desa Gamawar.

Di desa paling ujung dalam Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues ini, Ayu memberikan motivasi hidup sehat kepada masyarakat dan memastikan 10 pokok program PKK berjalan dengan baik di desa tersebut.

Pada kunjungannya yang berlangsung pada Rabu (26/07/2023) ini, rombongan istri Gubenur Aceh harus menempuh jarak 70 km dari Kota Blangkejeren, melintasi pegunungan hutan pinus dan hutan rimbah, menuju Desa Perlak yang berada di pinggir hutan belantara Leuser atau berbatasan langsung dengan Abdya dan Aceh Tengah.

Baca Juga:  Maju Sebagai Calon Ketua PWI Asel, Ini Pengalaman dan Karir Taufik Zass

Di desa ini, Ketua PKK Aceh menggelar bhakti sosial berupa pengobatan gratis bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Aceh dibantu Dinas kesehatan Gayo Lues dengan melibatkan dokter Spesialis Penyakit Dalam, THT, Gigi, dan pengecekan darah.

Kehadiran Ayu Marzuki dengan pengobatan gratisnya disambut baik oleh Pengulu Desa Perlak, Asral dan seluruh masyarakatnya. “Kami sangat berterimakasih atas pengobatan gratis yang melibatkan berbagi dokter spesialis,” kata Asral.

Menurut Asral ini rasanya tidak mungkin terjadi, karena selama ini masyarakatnya yang hendak berobat ke spesialis harus datang ke Ibukota yang jaraknya sangat jauh dari desa mereka.”Kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan,” ungkap Asral.

Selamu Pengulu, lanjut Asral, dirinya sangat bersyukur desanya menjadi perhatian Pj Ketua PKK Aceh dengan menjadikan desanya sebagai Desa Gamawar. “Diharapkan dengan semua yang di Desa Gamawar, desanya bisa lebih baik lagi ke depan,” harapnya.

Baca Juga:  Peringatan HLHS 2024, Asisten II: Aceh Telah Miliki 350 Gampong Iklim

Pj Ketua TP PKK Aceh, Ayu Marzuki mengatakan kunjungannya ke desa tersebut untuk melakukan bhakti sosial pengobatan gratis dan memastikan 10 program pokok PKK berjalan di Desa Perlak yang sudah ditunjuk sebagai Desa Gamawar.

Menurutnya, Desa Perlak ditunjuk sebagai Desa Gamawar oleh TP PKK Aceh karena desa tersebut memilki anak stunting paling banyak di Gayo Lues. Diharapkan dengan dijadikannya Desa Gamawar perhatian semua elemen tertuju pada desa tersebut, sehingga berbagai permasalahan yang menyebabkan Stunting di Desa Perlak dapat segera teratasi.

Mewakili Pj Bupati, Plt Sekda Gayo Lues, Jata SE MM menyebutkan, Pemerintah Daerah berkolaborasi dengan berbagai unsur terus berupaya menurunkan angka stunting di Gayo Lues, dengan memberikan makanan tambahan, mengaktifkan Posyandu.

Baca Juga:  Polres Aceh Selatan Amankan 3 Orang Diduga Agen Chip Higgs Domino 

“Membangun Sanitasi dengan baik, Sosialisasi dengan informasi program nentong Sudere, serta menjadikan kepala SKPK Bapak asuh untuk anak stunting,” paparnya.

Dengan berbagai upayah tersebut, lanjutnya, stunting Gayo Lues turun 8 persen, dimana pada tahun 2021 stunting Gayo Lues masuk urutan 23 se Kabupaten /Kota se Aceh dengan jumlah 42.9 persen dari jumlah penduduk.

“Namun tahun ini turun menjadi 34,6 persen masuk keperingkat 15 kabupaten Kota Se Aceh. Dengan berbagai upaya kita berharap ke depan stunting Gayo Lue bisa lebih rendah lagi,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.