Pj Sekda Aceh Buka Pameran dan Bazar Produk UMKM Aceh

Pj Sekda Aceh Azwardi mewakili Pj Gubernur membuka Pameran dan Bazar produk UMKM Aceh di Landing Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat (05/07/2024) malam.
Bagikan:

“Ke depan akan banyak kegiatan pameran UMKM yang digelar, terutama sehubungan dengan tampilnya Aceh sebagai tuan rumah PON ke-21”

Jurnalis: Heru
ANTARAN | LHOKSUKON – Penjabat  Sekretaris Daerah (Sekda)  Aceh Azwardi mewakili Penjabat Gubernur Aceh membuka Pameran dan Bazar Produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Aceh yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Aceh Utara di Landing, Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat (05/07/ 2024) malam.
Azwardi saat membacakan sambutan tertulis Penjabat Gubernur Aceh, menekankan pentingnya sektor UMKM bagi perekonomian Aceh.
Menurutnya, dukungan terhadap UMKM sangat signifikan karena mampu menyerap banyak tenaga kerja dan memberikan kontribusi terbesar terhadap Pendapatan Regional Bruto (PRB) Aceh dibandingkan sektor lainnya.
“Pemerintah Aceh memberikan perhatian khusus kepada sektor UMKM yang ada di Aceh, mengingat dukungan UMKM bagi perekonomian Aceh cukup signifikan,” ujar Azwardi.
Azwardi menjelaskan,  Pemerintah Aceh berkomitmen untuk terus memajukan sektor UMKM melalui berbagai kebijakan dan program.
Langkah-langkah yang telah disusun antara lain peningkatan akses pembiayaan, peningkatan kapasitas dan keterampilan pelaku UMKM, peningkatan promosi dan pemasaran produk, penciptaan iklim usaha yang kondusif, serta penyediaan sarana promosi seperti expo atau pameran produk.
Kegiatan pameran dan bazar produk UMKM Aceh yang dilaksanakan hari ini, menurut Azwardi, merupakan upaya nyata untuk memajukan sektor UMKM di Aceh.
Acara ini menjadi ajang bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka kepada masyarakat luas, meningkatkan penjualan, serta memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat dan membeli produk UMKM langsung dari produsen.
“Pelaku UMKM juga dapat saling belajar dan bertukar informasi mengenai produk dan strategi pemasaran,” tambahnya.
Azwardi berharap bahwa pameran dan bazar produk UMKM ini tidak hanya mampu memperluas pemasaran produk UMKM Aceh, tapi juga mendorong agar produksi UMKM Aceh mampu bersaing di tingkat global.
Ia juga menyoroti pentingnya memanfaatkan momentum PON ke-21 yang akan digelar pada September mendatang di Aceh.
Event tersebut akan menjadi ajang besar untuk mempromosikan produk UMKM Aceh kepada puluhan ribu pendatang yang berkunjung.
“Dalam beberapa bulan ke depan akan banyak kegiatan pameran UMKM yang digelar, terutama sehubungan dengan tampilnya Aceh sebagai tuan rumah PON ke-21,” ujarnya.
Pada akhir pidatonya, Azwardi mengajak masyarakat dan pelaku UMKM Aceh untuk memanfaatkan pameran dan bazar produk UMKM ini sebaik-baiknya.
Ia optimistis bahwa dengan dukungan bersama, UMKM Aceh bisa berkembang di pasar global dan mendorong peningkatan ekonomi daerah.
“Dengan demikian kita bisa menjadikan UMKM Aceh sebagai tuan rumah di negeri sendiri, dan dengan dukungan kita bersama, kita bisa mendorong UMKM Aceh berkembang di pasar global,” tutup Azwardi.
Sementara itu Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar dalam sambutannya berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan pameran dan bazar tersebut.
Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen tersebut untuk memperkenalkan berbagai produk usaha mereka serta menjadi ajang interaksi antar berbagai pihak.
Pembukaan acara tersebut turut dihadiri unsur Forkopimdakab Aceh Utara, Komisi IV DPRA, PLH Kadis Koperasi dan UKM Aceh, serta pejabat terkait lainnya dan para pelaku usaha UMKM.
Baca Juga:  HMI Cabang Meulaboh Gelar Open Mic Mimbar Rakyat 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.