PKS Aceh Singkil Beli TBS Masyarakat Tidak Mengacu Berita Acara Disbun Aceh 

Berita Acara Penetapan harga yang telah ditetapkan Dinas Perkebunan Aceh
Bagikan:

ANTARANNEWS.COM,ACEH SINGKIL – Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (PKS) yang beroperasi di Kabupaten Aceh Singkil, disebut – sebut membeli tandan buah segar (TBS) milik masyarakat tidak mengikuti aturan Berita Acara Penetapan harga yang telah ditetapkan Dinas Perkebunan Aceh.

Informasi tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (Aspekpir), Ridwan, Minggu (22/05/2022). “Keenam PKS yang beroperasi di Aceh Singkil ini tidak mengikuti aturan berita acara hasil rapat penetapan dan pemantaun harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit untuk wilayah barat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Harga TBS Kelapa Sawit di Simeulue Mulai Naik 

Ia mengatakan, harga beli dari keenam Perusahaan PKS tersebut berbeda – beda. Seperti perusahaan PT PLB I dan PLB II di Kecamatan Singkohor, harga beli berkisaran Rp1.800/Kg, sedangkan di perusahaan PT. SSM Kecamatan Suro Makmur harga beli Rp 1.750/Kg, di PT RPP Rp 1.870/Kg dan PT Ensem Lestari Rp 1.700/Kg.

“Sedangkan untuk PT Nafasindo Rp 1890/Kg terakhir PT Delima Makmur dikisaran harga Rp 1800/Kg. Sementara untuk TBS yang ditampung dan dibeli oleh pihak Perusahaan dengan rat – rata umur usia 7 tahun tanam,” kata Ridwan.

Baca Juga:  Hari Ini Turun Lagi, Harga Sawit di Abdya Sudah Anjlok Rp 120/kg

Ridwan juga menambahkan, seharusnya, harga beli keenam perusahaan tersebut di angka Rp 2.361,37/Kg baru sesuai dengan berita acara Disbun Aceh. Dimana dengan harga beli saat ini terjadi selisih harga dikisaran Rp 500/Kgnya.

“Semoga Dinas Disbun Aceh Singkil, secepatnya untuk turun keenam lokasi perusahaan ini, supaya masalah harga tetap mengacu pada berita acara Disbun Aceh, pada tanggal 12 Mei yang ditetapkan di Banda Aceh,” pungkas Ridwan.(*)

Baca Juga:  Angkutan Udara Perintis Bersubsidi Beroperasi, Bupati Aceh Selatan Resmikan Penerbangan Perdana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.