Plt Kadis Pariwisata Jelajahi Spot Wisata Baru di Pulau Kandang

Plt Kadis Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Muchsin ST bersama Camat Kluet Selatan, Muriadi S menjajal Spot Wisata Baru bersama Komunitas Wisata Tuantapa di Pulau Kandang, Sabtu (26/03/2022).
Bagikan:

ANTARANNEWS.COM, TAPAKTUAN – Plt Kadis Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Muchsin ST bersama Camat Kluet Selatan, Muriadi S menjajal Spot Wisata Baru bersama Komunitas Wisata Tuantapa di Pulau Kandang, Sabtu (26/03/2022).

Pulau kandang adalah sebuah pulau yang berada ditengah muara Krueng Kluet yang terletak di Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selayan. Di dalam Pulau Kandang terdapat 5 Desa.

Plt Kadis Pariwisata Aceh Selatan, Muchsin ST disela sela acara menelusuri atau mengelilingi Pulau Kandang menyampaikan bahwa disini dari potensi alam yang ada dapat di kembangkan “Wisata Air Pulau Kandang” tentu dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

“Karena disini dapat dibuat Kafe Terapung, Wisata Air Keliling Pulau, Serta Pemandian, apalagi di muara sungainya terdapat lokasi Makam Teuku Cut Ali sebagai spot wisata Sejarah,” ungkap Muchsin.

Untuk mengembangkan sebuah destinasi wisata menurutnya perlu dukungan penuh dari berbagai pihak terutama pihak desa setempat yang punya lokasi dan tentu harus sesuai dengan Qanun dan adat setempat.

Baca Juga:  Pemkab Aceh Selatan Siagakan Dinas Perhubungan dan Satpol PP di Lokasi Wisata

“Hari ini kami sangat mengapresiasi pak keuchik beserta prangkat lima desa di dalam kepulauan kandang terutama Pak Junardi selaku Keuchik Pasie Meurapat yang mengajak semua pihak untuk coba shering informasi tentang lokasi spot wisata air yang akan coba kembangkan di Pulau Kandang ini, serta dukungan penuh dari Pak Muriadi.S selaku Camat Kluet Selatan,” kata Muchsin.

Karena, lanjut Muchsin, dalam proses pengembangan spot destinasi wisata itu butuh tiga hal utama yang harus dipenuhi yaitu, Inovasi, Promosi dan Pelayanan. Inovasi dalam hal ini tentu harus adanya kreatifitas dalam menciptakan Destinasi yang berbeda dengan yang ada di tempat lain dan tidak monoton.

Baca Juga:  Resahkan Warga, Polres Simeulue Amankan Warga Asing

“Setelah Destinasi ini ada tentu harus didukung oleh Promosi karena promosi adalah ruhnya sebuah Tempat wisata tanpa ada itu tidak akan berjalan inovasi yang sudah ada. Promosi ini tentu banyak model dan caranya misal dengan event wisata, promosi media sosial dan promosi media disinilah perlunya dukungan dari kawan- kawan media,” paparnya.

karena, lanjut Muchsin, lewat merekalah promosi ini akan masuk keseluruh pelosok nusantara. Ketiga, tambahnya, adalah Pelayanan, ini sangat penting untuk bertahan lama atau sesaat dari sebuah destinasi karena dalam pelayanan ini mencakup, Kenyamanan bagi pengunjung jadi tidak hanya sekedar aman tapi kenyamanan juga harus berjalan beriringan sehingga pengunjung betah dan akan kembali lagi.

“Dalam pelayanan ini juga harus didukung oleh aturan atau hukum hukum yang ada sehingga tidak berbenturan antara satu dengan yang lain, terutama dalam hal kulture budaya dan tatanan nilai nilai keislaman kita. Kalau 3 hal ini sudah berjalan insyaAllah Aceh Selatan akan jadi tujuan wisata yang profesional,” jelas Plt Kadis Pariwisata yang baru menjabat ini.

Baca Juga:  Kejari Abdya Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Pelaku UMKM

Sementara itu Camat Kluet Selatan, Muriadi S sangat mendukung apa yang dipelopori oleh pihak Desa yang sudah mengajak berbagai pihak bersama Komunitas Wisata Tuantapa. “Semoga saja potensi wisata baru ini dapat terus berkembang sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat setempat khususnya dan Aceh Selatan pada umumnya,” kata Musriadi.

Koordinator pelaksana kegiatan ini Murdi dari Komunitas Wisata Tuantapa mengucapkan trimakasih kepada pihak desa yang sudah menjadi tuan rumah dan menyiapkan segala kebutuhan untuk suksesnya acara ini. “Dan kedepan kita berharap spot wisata yang baru kita uji coba hari ini dapat terus berkembang dan maju,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.