Polres Abdya Musnahkan Petasan Berdaya Ledak Tinggi

Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH bersama Pj Bupati Abdya H Darmansah SPd MM dan Ketua DPRK Nurdianto memusnahkan petasan di halaman Mapolres setempat, Senin (17/04/2023). Foto Ist
Bagikan:

“Kita lakukan upaya preventif untuk kita ambil petasan tersebut agar mereka juga tidak celaka,” kata Kapolres Dhani di halaman Mapolres setempat.

Jurnalis : Rizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kepolisian Resort (Polres) Aceh Barat Daya (Abdya), melakukan pemusnahan puluhan batang petasan berdaya ledak tinggi yang berhasil diamankan dari beberapa pedagang petasan dalam wilayah hukum Polres setempat, Senin (17/04/2023).

Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH didampingi Pj Bupati Abdya H Darmansah SPd MM, Ketua DPRK Abdya Nurdianto dan sejumlah unsur terkait lainnya usai melaksanakan Apel Operasi Ketupat Seulawah 2023 langsung menuju ke meja yang terdapat beberapa batang petasan.

Baca Juga:  Rumah Rusak Tertimpa Pohon, Janda di Nagan Raya Ini Butuh Bantuan

Dimana, pemusnahan bahan peledak tersebut dengan cara dipatahkan lalu dicelupkan kedalam ember berisi air agar tidak bisa digunakan lagi.

Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH disela kegiatan itu mengatakan, petasan-petasan ini hasil temuan di sejumlah masyarakat. “Kita lakukan upaya preventif untuk kita ambil petasan tersebut agar mereka juga tidak celaka,” kata Kapolres Dhani di halaman Mapolres setempat.

Baca Juga:  Puncak Geureutee Jadi Perhatian Serius Pj Bupati Aceh Jaya

Dikatakan, beberapa petasan yang disita berdiameter hingga 10 centimeter. Petasan jenis ini berdaya ledak tinggi dan dapat merusak serta mencelakakan orang lain. “Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun ini, maka kita langsung mengambil langkah awal untuk mencegahnya,” lanjut Kapolres Dhani.

Dia mengingatkan, bermain petasan merupakan hal yang berbahaya, apalagi kalau dipegang oleh anak-anak dibawah umur. “Maka dari itu, kita berharap para orang tua dapat mengawasi anaknya agar tidak menggunakan petasan yang berhulu ledak tinggi. Karena berbahaya,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kodim 0107/Aceh Selatan Laksanakan Tradisi Pelepasan Pejabat Dandim Lama

Sementara itu, Pj Bupati Abdya H Darmansah, meminta para orang tua untuk menjaga anak-anak agar tidak melakukan kegiatan yang membahayakan. Orang tua seharusnya menyiapkan masa depan anak.

“Kita seharusnya menyiapkan anak kita menjadi generasi yang maju. Yang berkualitas. Tidak memikirkan mercon. Polisi, pemerintah, dan tokoh masyarakat akan terus mengingatkan bahaya menyalakan petasan. “Meski intensitas peledakan petasan menurun, kita tidak boleh berhenti terus mengingatkan,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.