Polres Galus Temukan 6 Hektar Ladang Ganja di Kaki Gunung Leuser

Polres Galus temukan 6 hektar ladang ganja di kaki gunung leuser. ANTARAN/foto ist
Bagikan:

“Ladang ganja tersebut langsung dimusnakan dengan cara dibakar dan sebagian dibawa turun ke Mapolres sebagai barang bukti. Pemusnahan lahan ganja seluas 6 hektar berlangsung selama 3 hari sejak selasa 05 maret 2024 sampai Kamis 07 maret 2024,” ujarnya.

Jurnalis: Bayu Y

ANTARAN | BLANGKEJEREN – Tim Buser Narkoba Polres Gayo Lues temukan 6 hektar ladang ganja siap panen, yang berada di kawasan pegunungan Leuser tepatnya kawasan hutan Bur Blang Beke Desa Agusen Kecamatan Blangkejeren Kabupaten setempat.

Kapolres Gayo Lues AKBP Setyawan Eko Prasetiyo, SIK, melalui kasat narkoba AKP Yasir Arafat Kasnar, Jumat (08/03/2024) menyebutkan, ladang ganja yang berjarak sekira 12 km dari kampung Agusan ditempuh dengan waktu 6 jam.

Disebutkan, ladang ganja berisi 12.000 batang tanaman ganja ukuran 200 cm s/d 250 Cm (siap panen) dan 4.000 (Empat Ribu) batang tanaman ganja ukuran 100 cm sampai dengan 150 cm perkiraan berusia 4 Bulan sampai dengan 5 Bulan.

Baca Juga:  HUT-RI ke-78, 7 Warga Binaan Lapas llB Blangpidie Dapat Remisi┬áSetengah Tahun

“Ladang ganja tersebut langsung dimusnakan dengan cara dibakar dan sebagian dibawa turun ke Mapolres sebagai barang bukti. Pemusnahan lahan ganja seluas 6 hektar berlangsung selama 3 hari sejak selasa 05 maret 2024 sampai Kamis 07 maret 2024,” ujarnya.

Kapolres Gayo Lues AKBP Setyawan Eko Prasetiyo, SIK. Melalui kasat narkoba AKP. Yasir Arafat Kasnar menyebutkan

AKP Yasir menuturkan, awal penemuan ladang ganja pada Minggu 3 Maret 2023 sekira pukul 10.00 wib dimana anggota Sat Resnarkoba Polres Gayo Lues mendapat Informasi bahwa adanya terdapat ladang ganja di pegunungan Blang Beke tepatnya di Desa Agusen Kecamatan Blangkejeren dengan luas lebih kurang 6 hektar.

Baca Juga:  Yayasan Herry Center Jemput Warga Terlantar di RSUD-YA Tapaktuan

“Dari informasi yang didapat Sat resnarkoba pada selasa 5 Maret 2024 menurunkan 7 personil Buser dan satu masyarakat untuk melakukan pengecekan langsung di titik lokasi yang sudah ditentukan. Tim yang dipimpin KBO Sat Narkoba berhasil menemukan ladang ganja yang dimaksud,” katanya.

Selanjutnya, sambunya, pada hari Rabu tanggal 06 Maret 2024 sekira Pukul 08.00 wib gabungan personil Polres Gayo Lues sebanyak 20 orang dan 4 orang masyarakat, yang di pimpin langsung oleh Kasat Resnarkoba AKP Yasir arafat Riza Habibi, S.H.M.H.

“Selanjutnya, menyusul Tim buser ke titik lokasi ladang Ganja yang ditemukan, sekira pukul 16.00 wib personil yang dipimpin oleh Kasat Resnarkoba tiba di lokasi. Setelah melakukan koordinasi tim langsung melakukan pemusnahan dengan cara mencabut dan juga membabat menggunakan parang, kemudian di tumpuk dalam satu tempat dan dilakukan pembakaran,” katanya.

Baca Juga:  Di Aceh Selatan, Harga Cabai Merah Masih Bertahan Rp 55 Ribu/Kg

Sambunya, setelah pemusnahan tim istirahat semlam dan esoknya pada kamis 7 Maret 2024 sekira Pukul 07.00 wib dan tepat pukul 13.30 Wib kembali ke Desa Agusen Kecamata Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues dengan kondisi lengkap, sehat, aman dan terkendali.

“Masyarakat jangan lagi menanam ganja beralih kepada tanaman yang lebih berharga dan tidak beresiko, seperti Kopi dan jagung yang memiliki nilai ekonomis cukup baik,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.