Potensi Meraih Juara Umum PKA-8 Terbuka, Aceh Selatan Kumpul 8 Juara

Terlihat berdesakan dan antri pengunjung di Anjungan Aceh Selatan, Sabtu (11/11/2023). ANTARAN/Sudirman Hamid
Bagikan:

“Dilihat dari berbagai sudut, Aceh Selatan masih punya harapan besar untuk meraih juara umum. Banyak masyarakat memprediksikan hal tersebut, termasuk kondisi Anjungan yang membludak pengunjung,” ucap Muchsin, ST.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|BANDA ACEH – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Muchsin, ST menaruh harapan besar kontingennya mampu meraih juara umum pada event Pekan Kebudayaan Aceh (PKA)-8 yang berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin, Kota Banda Aceh, 4-12 November 2023.

Dikatakan Muchsin, hingga Min H -1 berakhirnya perhelatan PKA-8, kontingen Aceh Selatan telah memetik 8 juara dari 21 cabang yang sudah diperlombakan. Dua lagi (musik tradisional dan kuliner) belum diumumkan panitia pelaksana. Sementara perlombaan Anjungan masih berlangsung manis dan terus meledak pengunjung.

Baca Juga:  Peunurah, Peralatan Tradisional Aceh Selatan Pendulang Minyak Kelapa

“Dilihat dari berbagai sudut, Aceh Selatan masih punya harapan besar untuk meraih juara umum. Banyak masyarakat memprediksikan hal tersebut, termasuk kondisi Anjungan yang saban saat membludak pengunjung,” ucap Muchsin, ST kepada antaran, Sabtu (11/11/2023).

Potensi meraih atau mempertahankan juara umum kembali, didasari perolehan 8 nominasi dari 21 cabang perlombaan. Koleksi juara yang dikumpul Aceh Selatan masih tertinggi dibanding hasil juara kabupaten kota lainnya.

Baca Juga:  Yuk Ramaikan Fun Fishing Aceh Singkil 2023

Menurut Kadis Pariwisata, prediksi dan penilaian banyak masyarakat Aceh Selatan berhasil mempertahan juara umum, disebabkan beberapa fakta dan kondisi ril di lapangan. Mungkin salah satunya Anjungan.

“Tidak terlalu berlebihan jika kami katakan Anjungan Aceh Selatan setiap saat diserbu pengunjung dengan situasi antri panjang. Kondisi ini sangat dipahami dan diketahui masyarakat luas. Maka wajar saja warga memprediksikan tentang juara umum,” papar Muchsin.

Kalau boleh jujur, sambung Muchsin, saban malam ada masyarakat yang mengeluh kecewa lantaran tidak ada kesempatan masuk anjungan lantai utama. Penyebabnya akibat keterbatasan waktu yang dijadwalkan tutup tepat pukul 22.10 WIB.

Baca Juga:  Kumpul 4 Juara PKA-8, Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Anjungan Aceh Selatan

“Faktor lain, panitia PKA Aceh Selatan juga harus memperhatikan kenyaman dan keamanan pengunjung agar tidak over kafasitas. Maklum Anjungan Aceh Selatan masih asri berkonstruksi kayu,” urainya.

Apabila ada pengunjung yang tidak berkesempatan masuk atau menyaksikan keberadapan adat budaya Aceh Selatan, pihaknya juga menyampaikan permohonan mohon maaf. “Namun kami tetap melayani kehadiran saudara-saudara hingga hari penutupan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.