Puluhan Delegasi PWI dan IKWI se Aceh Hadiri HPN 2024 di Jakarta  

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin saat persiapan berangkat HPN di Gedung PWI Aceh, kawasan Simpang Lima, Kota Banda Aceh. ANTARAN/Abdul Hadi.
Bagikan:

“Rombongan PWI Aceh terbang ke Jakarta dari wilayah masing-masing. Disana kami berkumpul bersama memeriahkan HPN 2024 di Ancol, Jakarta,” kata Nasir Nurdin.

Jurnalis: Sahidal Andriadi

ANTARAN l BANDA ACEH – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Aceh bersama Pengurus PWI dan IKWI Kabupaten/Kota mengikuti berbagai rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional Indonesia (HPN) 2024 di Ancol, Jakarta, 17-20 Februari 2024.

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin menyebutkan, setiap kegiatan HPN, PWI Provinsi menjadi peserta berbagai agenda organisasi, seperti konferensi kerja nasional (Konkernas), seminar, pameran jurnalistik, bakti sosial hingga hari puncaknya mengikuti pidato Presiden RI.

Untuk HPN tahun ini, ulas Nasir Nurdin, PWI Aceh dan Kabupaten/kota akan terbang ke Jakarta mulai hari ini, Jumat, 16 Februari 2024 dari wilayah masing-masing. Data yang telah kami terima, tidak kurang dari 60 orang menghadiri perhelatan HPN.

Baca Juga:  Bupati Aceh Selatan Launching Beras Kemasan Produk BUMG Gampong Sapik

Delegasi PWI dan IKWI Aceh ini, terdiri sebagai peserta dan peninjau serta unsur wartawati yang akan mengikuti Silaturahmi Wartawati Indonesia (SIWI) dan sejumlah agenda lain untuk peningkatan kapasitas dan pemberdayaan perempuan memperkuat kemerdekaan pers.

Khusus Pengurus PWI dan IKWI Provinsi Aceh, memberangkatkan 13 delegasi, meliputi; peserta dan peninjau. Sementara itu, puluhan pengurus PWI dan IKWI kabupaten/kota juga bertolak menuju Jakarta. Mereka hadir sebagai peninjau.

“Hingga kemarin, 15 Februari 2024, tercatat Pengurus PWI dan IKWI Kabupaten/Kota sudah mengirim nama-nama sebagai utusan peninjau sekaligus terbang ke Jakarta, yaitu; Sabang 7 orang, Aceh Selatan 3, Lhokseumawe 9, Bener Meriah 3, Aceh Tenggara 3, Aceh Besar 4, Aceh Utara 7, dan Aceh Jaya sebanyak 12 delegasi.

Pengurus PWI Provinsi yang mendapat undangan sebagai peserta yaitu Ketua, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Sekretaris, Ketua IKWI, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO), dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) serta dua orang wartawati.

Baca Juga:  Ini Sosok Doktor Nurdin, Alumni SD "Binteh Breut" Jadi Pj Bupati Aceh Jaya

Seluruh delegasi PWI dan IKWI Aceh termasuk Peninjau berangkat secara bergelombang dari daerah masing-masing mulai tanggal pada 16 sampai 19 Februari 2024.

“Sebenarnya puncak peringatan HPN dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari, tetapi karena tahun ini berdekatan dengan Pemilu makanya digeser menjadi 17-20 Februari 2024,” ujar Nasir Nurdin.

Menurut Ketua PWI Aceh, sebelum menuju hari puncak HPN, kegiatan syukuran dan doa bersama sudah dilaksanakan secara terbatas, baik di Pusat maupun di daerah pada 9 Februari 2024.

“HPN tahun ini, PWI Aceh mengirim perwakilan wartawati untuk mengikuti berbagai agenda khusus terkait pemberdayaan perempuan dan sosialisasi struktur kepengurusan baru PWI di semua tingkatan yaitu Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan,” paparnya.

Adapun unsur IKWI Aceh dan Kabupaten/Kota, selain Ketua IKWI Provinsi yang diundang khusus oleh Panitia Pusat juga didampingi Sekretaris IKWI Provinsi dan Pengurus/Anggota IKWI Kabupaten Kota, masing-masing utusan Sabang 3 orang, Aceh Selatan 1, Lhokseumawe 3, Aceh Besar 2, dan Aceh Utara 3.

Baca Juga:  Terdeteksi Titik Api, Kapolres Aceh Singkil Kerahkan Personel Padamkan Karhutla

“Pada perhelatan HPN 2024, IKWI akan mengikuti sejumlah kegiatan seperti seminar, lomba masak, dan olahraga,” kata Ketua IKWI Aceh, Ny. Hanifah Nasir Nurdin.

Terpisah, Ketua PWI Aceh Selatan, Yunardi M. Is mengatakan, sesuai hasil keputusan rapat, pihaknya mengirim tiga orang peninjau menghadiri HPN di Jakarta. Jumlah ini sangat sedikit dibandingkan keinginan anggota. Mereka yang diutuskan, Sudirman Hamid (Sekretaris), Ichdar Ifan Tarigan (wakil ketua) dan  Dahyati unsur IKWI.

“Keterbatasan perwakilan PWI Aceh Selatan menghadiri HPN 2024 di Jakarta erat kaitannya dengan ketersediaan anggaran. hal ini menjadi pertimbangan kami bersama. Untuk HPN selanjutkan akan kita pikirkan bersama-sama,” pungkas Yunardi. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.