Pusat Investasi Pemerintah Gelar Kegiatan UMi Ramadhan Fair 2022

Kegiatan dari acara UMi Ramadhan Fair 2022, Jumat 15 April 2022. Foto Dok PIP
Bagikan:

Untuk diketahui, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merupakan unit organisasi non eselon di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan.

ANTARANNEWS.COM, JAKARTA– Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menyelenggarakan kegiatan “UMi Ramadhan Fair” yang berkolaborasi dengan dua event yang ada di Jakarta, yaitu Bazar Ramadhan Fair dan Istiqlal Halal Expo 2022, Jumat (15/04/2022).

“Pemerintah Indonesia telah mendukung pemberian akses permodalan dan pemberdayaan UMKM khususnya kepada para pelaku usaha perempuan. Bentuk dukungan tersebut berupa Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang dilakukan oleh BLU Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP),” kata Mohd Zeki Arifudin, Tim Publikasi Pusat Investasi Pemerintah UMi, Jumat (15/04/2022) malam.

Baca Juga:  Insan Bumi Mandiri dan Rumah Amal Salman Salurkan Perahu Sekolah untuk Anak-Anak Pedalaman NTT

Dalam Pers Rilis yang diterima antarannews.com tersebut, Mohd Zeki Arifudin menjelaskan, pembiayaan UMi selain memberikan pembiayaan juga memberikan dukungan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku usaha ultra mikro termasuk pelaku usaha perempuan.

“Dukungan pelatihan dan pendampingan antara lain pendampingan pengurusan legalitas usaha, peningkatan kapasitas usaha, serta digitalisasi (penyaluran menggunakan uang elektronik, pemasaran melalui sarana on-line),” jelasnya.

Lebih lanjut, Mohd Zeki Arifudin mengungkapkan bahwa, Pusat Investasi Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung ekosistem bagi para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) serta memfasilitasi kebutuhan pembiayaan bagi masyarakat pelaku usaha.

Baca Juga:  Dirut Pusat Investasi Pemerintah Menyambangi Kantor Pusat PT LKMS Mahirah Muamalah Banda Aceh

“Berkenaan dengan itu, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menyelenggarakan kegiatan “UMi Ramadhan Fair” dengan berkolaborasi dengan dua event yang ada di Jakarta,” ungkapnya.

Dua event tersebut, lanjutnya, yakni Bazar Ramadhan Fair di Lapangan Banteng yang diselenggarakan Pemda DKI Jakarta pada tanggal 11 sampai 20 April 2022; dan Istiqlal Halal Expo 2022 yang diselenggarakan Badan Pengelola Masjid Istiqlal pada tanggal 15 sampai 24 April 2022.

Untuk diketahui, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merupakan unit organisasi non eselon di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan.Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Pusat Investasi Pemerintah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Baca Juga:  Pemkab Aceh Selatan Kembali Terima Penghargaan

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), Pusat Investasi Pemerintah melaksanakan koordinasi dana (coordinated fund) pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dengan memberikan fasilitas maksimal Rp20 juta kepada debitur yang selama ini tidak dapat mengakses pembiayaan perbankan dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Untuk memudahkan dan mempercepat penyaluran, UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dengan pola langsung (one step) atau two step melalui linkage koperasi/lembaga keuangan mikro.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.