Ransomware Data Recovery: Cara Mengembalikan Data yang Terkunci

Ransomware Data Recovery
Foto: digitalsolusigrup
Bagikan:

Ransomware adalah jenis malware yang mengenkripsi data korban dan pelaku (hacker) akan meminta tebusan untuk membuka kuncinya. Ransomware telah menjadi ancaman serius bagi individu dan organisasi di seluruh dunia.

Seperti dilaporkan oleh Badan Intelijen Ancaman Dunia NCC Group, pada bulan juli 2023 telah terjadi sebanya 502 kasus serangn ransomware. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 16% dibandingkan bulan juni 2023 yang mencatat sebanyak 434 serangan.

Menariknya lagi, jika dibandingkan dengan setahun sebelumnya, yaitu juli 2022, ancaman ransomware mengalami kenaikan dua kali lipat. Statistik yang sangat mencengangkan dan patut kita waspadai sebagai pengguna internet.

Lalu bagaimana cara mengatasi serangan virus ransomware? Berikut 5 solusi ampuh yang bisa Anda terapkan.

Baca Juga:  Hadirnya Internet 4G di Beutong Aceh, Mudahkan Masyarakat Akses Informasi dan Meningkatkan Perekonomian

1. Jangan membayar tebusan

Meskipun membayar tebusan mungkin merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali akses ke data Anda, ada beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh melakukannya.

Pertama, tidak ada jaminan bahwa penjahat akan memberikan kunci dekripsi setelah Anda membayar. Kedua, membayar tebusan akan mendorong penjahat untuk terus membuat dan menyebarkan ransomware.

2. Melakukan backup

Backup adalah cara terbaik untuk melindungi data Anda dari ransomware. Pastikan Anda memiliki backup yang terbaru dan disimpan di lokasi yang aman. Jika Anda terkena ransomware, Anda dapat memulihkan data Anda dari backup.

3. Menggunakan decryptor

Ada beberapa decryptor yang dapat digunakan untuk membuka kunci data yang dienkripsi oleh ransomware. Decryptor ini biasanya dikembangkan oleh para ahli keamanan siber. Kami merekomendasikan PT Digital Solusi Grup sebagai jalan keluar yang bisa Anda gunakan untuk melakukan decryptor.

Baca Juga:  5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Router Wifi Sim Card

4. Menggunakan Ransomware Data Recovery

Ransomware Data Recovery dapat digunakan untuk memulihkan data yang telah dihapus atau rusak. Beberapa data recovery juga dapat digunakan untuk memulihkan data yang dienkripsi oleh ransomware. Kabar baiknya, PT Digital Solusi Grup juga memiliki layanan ini untuk mengembalikan data Anda yang berdampak karena ransomware attack.

5. Menghubungi Profesional

Jika Anda tidak dapat memulihkan data Anda sendiri, maka jangan coba-coba untuk melakukan konfigurasi dengan pengetahuan yang terbatas. Alih-alih bertujuan untuk mengembalikan data, malah membuat data Anda terhapus permanen dari perangkat komputer.

Baca Juga:  Kerjasama Universa dengan YAKESMA Dalam Pengelolaan Lembaga Philanthropy

Sebagai solusi terbaik, Anda dapat menghubungi profesional untuk bantuan. Beberapa perusahaan menawarkan layanan pemulihan data ransomware. Lagi-lagi rekomendasi kami untuk berkonsultasi dalam hal ini adalah dengan menghubungi PT Digital Solusi Grup.

Tips Terhindar dari Serangan Ransomware

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda melindungi diri dari ransomware:

  • Perbarui sistem operasi dan perangkat lunak Anda secara berkala.
  • Gunakan firewall dan antivirus yang andal.
  • Berhati-hatilah saat membuka email atau file dari sumber yang tidak dikenal.
  • Jangan mengklik tautan atau mengunduh file dari situs web yang tidak aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.