Ratusan Petani Padang Bak Jok Abdya Terima Pupuk Gratis

Ratusan warga Padang Bak Jok, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya menerima bantuan pupuk gratis di kantor Keuchik setempat, Kamis (13/1/2024). ANTARAN / Ist
Bagikan:

“Kita sepakat untuk lebih awal melaksanakan pengadaan pupuk, mengingat petani akan segera turun ke sawah pasca panen beberapa waktu lalu,” kata Asnawi.

Jurnalis : Rizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Sebanyak 206 kepala keluarga (KK) warga Desa Padang Bak Jok, Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menerima pupuk gratis yang bersumber dari dana desa bidang ketahanan pangan tahun 2023.

Penyaluran pupuk non subsidi dengan jenis NPK 16-16-16 itu diserahkan langsung oleh Asnawi selaku Kepala Desa (Keuchik) setempat di Kantor Keuchik Padang Bak Jok, Sabtu (13/1/2024) pagi.

Baca Juga:  Sebanyak 57 Pendamping Desa di Aceh Selatan Ikuti Rakornis Sertifikasi

Disela menyalurkan pupuk non subsidi itu, Asnawi menjelaskan, kalau pengadaan bantuan pupuk tersebut bersumber dari anggaran Alokasi Kinerja atau Tambahan Anggaran Dana Desa Tahun 2023 dalam musyawarah khusus Pemerintah Gampong Padang Bak Jok.

“Kita sepakat untuk lebih awal melaksanakan pengadaan pupuk, mengingat petani akan segera turun ke sawah pasca panen beberapa waktu lalu,” kata Asnawi.

Untuk penerimaan pupuk tahun ini, sebut Asnawi, sebanyak 206 KK, dengan total masing-masing per KK mendapatkan 29 kilogram jenis pupuk NPK 16-16-16.

Baca Juga:  Media The Tapaktuan Post Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Pelajar di SMAN 1 Kluet Timur

“Untuk tahun ini, kita salurkan pupuk lebih awal, Alhamdulillah kita punya tambahan anggaran dari Pemerintah Pusat. Anggaran ini kita fokuskan untuk ketahanan pangan. Semoga pupuk ini digunakan sebaik-baiknya, untuk meningkatkan produksi panen tahun 2024 ini,” ujarnya.

Asnawi sangat bersyukur, sebab di awal tahun ini sudah bisa menyalurkan pupuk kepada warga yang notabene berprofesi sebagai petani di desanya.

“Ini sangat membantu masyarakat, mengingat kita sudah rapat di kecamatan untuk turun ke sawah lagi. Insyaallah dalam waktu dekat akan segera menggarap lahan,” tuturnya.

Baca Juga:  Lubang Menganga di Jalan Pusat Kota Bahayakan Pengendara

Kegiatan ini juga dihadiri Pendamping Desa (PD), Taher. Ia berharap pupuk ini dapat dipergunakan sebagai mana mestinya, dan semoga hasil hasil pertanian tahun ini lebih meningkat lagi.

“Kita berharap Pupuk ini tidak dijual. Karena kualitasnya sangat bagus bila dibandingkan dengan pupuk-pupuk lainnya,” katanya singkat.

Pada pembagian pupuk itu ikut dihadiri Imum Mukim Kemukiman Bineh Krueng, Banbinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, dan perangkat gampong setempat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.