RSUTP Abdya Siap Hadapi Akreditasi Kedua

Direktur RSUTP Abdya dr Aris Fazeriandy M Ked (Ped) Sp.A. Senin (26/6).ANTARAN/Alfi
Bagikan:

“Poin-poin seperti yang kami sebutkan tadi, Insya Allah sudah sangat matang,” ungkapnya.

Jurnalis : Alfi

ANTARAN|BLANGPIDIE – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Teungku Peukhan (RSUTP), Aceh Barat Daya (Abdya), siap menghadapi akreditasi kedua, yang akan berlangsung pada pertengahan Oktober 2023 mendatang.

Plt Direktur RSUTP Abdya, dr Aris Fazeriandy M Ked (Ped) Sp.A, Senin (26/06/2023) mengaku, pihaknya bersama tim sudah sangat siap menghadapi akreditasi kedua terhadap rumah sakit dibawah pimpinannya itu.

Baca Juga:  Tekan Angka Pernikahan Anak di Bawah Umur, MS Tapaktuan dan Pemkab Asel Teken MoU

Berbagai persiapan seperti pembentukan panitia, perbaikan layanan, sarana prasarana dan lainnya, sudah dimatangkan. Menurutnya, akreditasi rumah sakit merupakan pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit, setelah dilakukan penilaian oleh tim akreditasi, bahwa rumah sakit telah memenuhi standar akreditasi.

Seperti, manajemen rumah sakit, pelayanan berfokus pada pasien, sasaran keselamatan dan perlindungan pasien, serta program nasional. “Poin-poin seperti yang kami sebutkan tadi, Insya Allah sudah sangat matang,” ungkapnya.

Terkait sarana dan prasarana lanjutnya, di RSUTP Abdya saat ini sudah tersedia CT Scan, USG Dopler, ESWL (untuk operasi urologi), alat cuci darah dan sejumlah alat kesehatan lainnya. “Di rumah sakit kita, yang belum tersedia cuma echocardigrafhy (untuk deteksi kelainan mata) dan pecho (khusus untuk operasi mata). Yang lainnya Alhamdulillah sudah tersedia,” urainya.

Baca Juga:  PJ Gubernur Aceh Jamin Tamu PON XXI Aceh-Sumut 2024 Nyaman

Pihaknya menargetkan, pada akreditasi kedua yang dijadwalkan pada pertengahan Oktober tahun ini, RSUTP harus dapat meraih predikat paripurna, setara dengan bintang 5. “Sedangkan akreditasi pertama, berlangsung pada penghujung tahun 2017 lalu, kita dapat meraih predikat Madya, atau setara dengan bintang 3,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengatakan, RSUTP Abdya saat ini masih berstatus tipe C. dimana katanya, rumah sakit umum tipe C lebih membatasi pelayanan mediknya, yang mana paling sedikit menyediakan 4 medik spesialis dasar dan 4 spesialis penunjang medik. “Pada tahun 2024 mendatang, target kita wajib tipe B, Insya Allah,” pungkasnya.(*)

Baca Juga:  Khataman 63 Alumni Ponpes Terpadu RJ Angkatan XII Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.