Rumah Sakit Lapangan Darurat Bencana Ladang Rimba Difungsikan

Direktur RSUD-YA Tapaktuan, dr Syah Mahdi, Sp.PD, didampingi Asisten II Pemkab Aceh Selatan, Willy Cahyadi dan Staf Khusus, Teuku Mudasir berbincang-bincang dengan salah seorang pasien di Puskesmas Ladang Rimba, Trumon Tengah. Rabu(29/11/2023). ANTARAN/Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Mulai besok kami fungsikan optimalkan pelayanan kesehatan masyarakat melalui layanan Rumah Sakit Lapangan/Darurat Bencana di Puskesmas Ladang Rimba, Trumon Tengah,” kata dr Syah Mahdi, Sp.PD.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Paska banjir bandang dan banjir luapan (genangan) di Trumon Raya, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, membuka layanan khusus dengan mengaktifkan Rumah Sakit Lapangan/Darurat Bencana di Ladang Rimba, Trumon Tengah.

“Mulai besok kami optimalkan pelayanan kesehatan masyarakat melalui layanan Rumah Sakit Lapangan/Darurat Bencana banjir bandang dan banjir genangan di Puskesmas Ladang Rimba, Trumon Tengah,” kata dr Syah Mahdi, Sp.PD selaku pengkoordinir kepada antaran, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga:  145 Masyarakat Aceh Jaya Telah Cakap Digital

Saat dilakukan peninjauan dan pengecekan persiapan di lokasi, dr Syah Mahdi, Sp.PD didampingi Asisten II, Willy Cahyadi Darwin dan Staf kusus Pj Bupati Aceh Selatan, Teuku Mudasir.

Menurut dr. Syah Mahdi, asumsi sakit masyarakat diperkirakan satu persen dari jumlah penduduk dalam kondisi normal. Jika dipelajari dari peristiwa bencana alam, maka diprediksikan jumlah tersebut akan bertambah.

“Mengantisipasi keadaan tersebut perlu dipersiapkan tindakan preventif dan kesiagaan yang matang. Ini merupakan arahan pimpinan daerah, bapak Pj Bupati Aceh Selatan,” imbuhnya.

Dikatakan direktur Rumah Sakit Umum Daerah-dr H Yuliddin Away (RSUD-YA) Tapaktuan itu, setelah dilakukan surve dan evaluasi akurat, ternyata lokasi standar dan memenuhi persyaratan adalah di lingkungan Puskesmas Ladang Rimba.

Baca Juga:  Sekda Aceh Selatan Nyatakan Perang Terhadap Narkoba

“Kami sudah membersihkan dan merapikan tujuh kamar difasilitasi 15 unit tempat tidur. Dan besok akan ditambah enam tempat tidur lagi untuk memaksimalkan layanan. InsyaAllah besok sudah berfungsi,” ujarnya.

Atas arahan bapak Pj bupati, layanan rumah sakit lapangan/darurat bencana alam ditunjang tenaga medis dan obat-obatan yang lengkap. Nantinya, kami akan mengirim dokter umum dan dokter spesialis sesuai kebutuhan di lapangan.

“Dalam menangani pasien berobat, dokter spesialis melakukan visit secara rutin baik langsung maupun melalui kontak seluler atau vidcoom. Apabila ada pasien tidak bisa ditangani di rumah sakit lapangan, maka solusinya harus segera dirujuk ke RSUD-YA Tapaktuan,” ungkap Syah Mahdi.

Baca Juga:  Banjir Rendam Rumah Hingga Persawahan Warga di Abdya

Sementara itu Staf Khusus Pj Bupati Aceh Selatan, Teuku Mudasir mengakui, penyediaan rumah sakit lapangan/darurat bencana ini atas intruksi pimpinan daerah kepada Dinas Kesehatan dan RSUD-YA Tapaktuan dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat paska banjir bandang dan banjir luapan yang sedang bergelayut di tiga kecamatan.

“Iya, kami sudah melakukan peninjauan hingga ke ruangan-ruangan. Kondisinya siap difungsikan dengan ditunjang berbagai fasilitas dan tenaga medis. Rumah sakit lapangan ini langsung dikoordinir oleh direktur RSUD-YA Tapaktuan,” pungkas Teuku Mudasir usai meninjau lokasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.