Rutan Kelas II B Singkil Tingkatkan Pengamanan Selama Libur Lebaran Idul Fitri

Petugas Rutan Kelas II B Singkil memeriksa setiap titipan makanan dari keluarga, yang akan diberikan kepada Napi maupun tahanan. ANTARAN/Dok Rutan Singkil.
Bagikan:

“Kemudian, dilanjutkan dengan kunjungan tatap muka bagi keluarga Napi dan tahanan, pelayanan dibuka mulai 22 sampai 25 April 2023,” sambung Machda.

Jurnalis : Arief Helmi

ANTARAN|SINGKIL – Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Singkil, menambah personel pengamanan dari Kodim 0109 Singkil dan Polres Aceh Singkil selama libur Idul Fitri 1.444 hijriah.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi dan tindakan cegah dini dalam meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan di lingkungan Rutan.

Kepala Rutan Kelas II B Singkil, Machda Landasny kepada AntaranNews mengatakan, langkah-langkah antisipasi cegah dini dan kesiapsiagaan ini dilakukan untuk meningkatkan pengamanan dan pelayanan publik dengan menambah petugas pelayanan kunjungan.

Baca Juga:  Datangi Dinas, Kelompok Tani Sawit di Abdya Minta Cabut Dukungan Ilegal Untuk PT. Ensem

“Sebab, pada saat hari raya Idul Fitri, Rutan Singkil juga akan menggelar Sholat Idul Fitri bersama dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Petugas Rutan,” ujar Machda Landasny kepada AntaranNews via telepon seluler, Kamis (20/4/2023)

Disamping itu, katanya, selama libur cuti bersama dan libur Idul Fitri, Rutan Singkil tetap membuka layanan bagi Napi maupun Tahanan. Yakni, seperti pelayanan titipan makanan bagi napi, yang dibuka sejak 19 hingga 21 April 2023.

“Kemudian, dilanjutkan dengan kunjungan tatap muka bagi keluarga Napi dan tahanan, pelayanan dibuka mulai 22 sampai 25 April 2023. Namun, kami sampaikan layanan ini dilaksanakan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku,” sambung Machda.

Baca Juga:  Tekan Inflansi, Distan Galus Salurkan 5000 Ekor Bebek  

Disamping itu, pihaknya juga tetap melakukan sterilisasi area Rutan, yakni dengan rutin menggelar troling dan razia barang terlarang di kamar hunian WBP.

Dengan adanya pelayanan ini, jelas Machda, sehingga pengamanan juga dilakukan dari Pejabat Struktural dan Staf yang disusun melalui surat perintah dan jadwal piket perbantukan.

Hal ini dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI No.SEK-UM.01.01-236 tentang, Langkah-Langkah Antisipasi Cuti Bersama dan Libur Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H / 2023 M.

Serta arahan Kakanwil Kemenkumham Aceh, melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan Aceh, Perihal Penguatan Tusi Pengamanan Dalam Rangka Peningkatan Kewaspadaan Menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga:  Menghadapi Pemilu 2024, Kapolres Aceh Selatan Cek Kesiapan Personil Ton Dalmas

Dalam antisipasi ini, Rutan Kelas II B Singkil juga melakukan kerjasama dengan TNI dan Polri yang diperbantukan sebanyak 2 personel, untuk dilakukan troling dan pengamanan setiap hari, khususnya di malam takbiran dan hari raya idul fitri.

“Disamping itu, selama Ramadhan Rutan Singkil juga bekerjasama dengan Kemenag Kabupaten Aceh Singkil untuk mengisi kegiatan Ramadhan serta mengisi imam dan khatib Sholat Idul Fitri di Rutan Singkil.

Kita harapkan dengan langkah antisipasi dan deteksi dini ini, pelaksanaan libur dan cuti bersama idul fitri 1444 H dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tutur Machda.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.