Rutan Kelas II B Tapaktuan Over Kapasitas

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Tapaktuan. ANTARAN/ Foto ist
Bagikan:

“Permasalahan over kapasitas ini telah menjadi masalah serius. Untuk saat ini warga binaan di Rutan Kelas II B Tapaktuan berjumlah 181 orang, dengan kapasitas hanya 70 orang,” ujar Sofyan.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Tapaktuan yang terletak di Gampong Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, dengan kapasitas 70 orang warga binaan kini sudah over kapasitas. Hal itu disampaikan Kepala Rutan Kelas II B Tapaktuan, Sofyan SH, Rabu (10/05/2023).

Baca Juga:  Revolusi Kedai Kopi, Mungkinkah?

Sofyan menyebutkan, untuk mengatasi permasalahan over kapasitas tersebut perlunya relokasi ke gedung yang sudah pernah dibangun sebelumnya di Kecamatan Pasie Raja, untuk menambah daya tampung warga binaan.

“Permasalahan over kapasitas ini telah menjadi masalah serius. Untuk saat ini warga binaan di Rutan Kelas II B Tapaktuan berjumlah 181 orang, dengan kapasitas hanya 70 orang,” ujarnya.

Selain itu, kata Sofyan, kapasitas kamar yang ada di Rutan Kelas II B Tapaktuan hanya 13 Kamar, yakni 3 kamar besar dan 10 kamar kecil. “Untuk kapasitas kamar besar bisa menampung sebanyak 27 orang dan kamar kecil hanya muat untuk 4 orang,” ungkapnya.

Baca Juga:  Makan Nasi Bungkus Bersama, Ala Kapolres Bener Meriah Ciptakan Kekeluargaan

Sebelumnya, sambung Sofyan, pada tahun 2000-an Rumah Tahanan pernah dibangun di Gampong Rasian, kecamatan Pasie Raja, kabupaten Aceh Selatan, kemudian dibakar pasca konflik Aceh.

“Kita punya lahan di Kecamatan Pasie Raja dan hanya perlu pembangunan gedung baru dilahan tersebut, kita berharap kedepannya bisa direlokasikan dari tempat yang sekarang ini,” kata Sofyan.

Sofyan juga menjelaskan sebelumnya pihaknya sudah mengusulkan dana sebesar 85 milyar melalui Kanwil Kemenkumham RI untuk membangun dan merehabilitasi tempat yang sudah ada di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan.

Baca Juga:  Peringatan Hari Ibu Ke-95, Pemko Subulussalam Gelar Kegiatan Jalan Sehat

“Kita berharap semoga pemindahannya bisa terealisasi, mengingat tempat sekarang sudah tidak memadai lagi,” tutup Sofyan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.