Saat Persiapan Turun Melaut, KM Ariya Purnama Terbakar di Kolam Labuh TPI Sawang Ba’u

KM Area Purnama ketika dilakukan pemadaman api oleh petugas pemadam kebakaran di PPI Sawang Ba'u, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan, Rabu (01/06/2022). IST
Bagikan:

KM Ariya Purna salah satu kapal motor setengah baya. Harga boat dan seluruh kelengkapan ditafsir lebih kurang Rp 1 Milyar. Menurut informasi, saat kejadian itu, para awak kapal sedang bekerja untuk persiapan turun melaut.

ANTARANNEWS.COM,TAPAKTUAN – Satu unit Kapal Motor (KM) Ariya Purnama milik Kamaruzzaman dilaporkan terbakar di kolam Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Sawang Ba’u, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (01/06/2022) pagi.

Upaya pemadaman kobaran api pada lambung baot melibatkan dua mobil pemadam. Namun, kobaran api sulit dipadamkan karena berpengaruh tumpahan bahan bakar. Hingga pukul 11.20 WIB titik api masih membara.

Baca Juga:  Dorong Pertumbuhan Ekonomi, DPRA Gelar Rapat Kerja Bersama Manajemen BPKS

Untuk diketahui, KM Ariya Purnama salah satu kapal motor setengah baya. Harga boat dan seluruh kelengkapan ditafsir lebih kurang Rp 1 Milyar. Menurut informasi, saat kejadian itu, para awak kapal sedang bekerja untuk persiapan turun melaut.

Panglima Laot Lhok Sawang Ba’u, Muhammad Nazir mengungkapkan, saat peristiwa kebakaran terjadi terdapat puluhan boat mangkal di kolam labuh. Sontak saja pemilik boat lain menyelamatkan armada masing- masing untuk menghindari bahaya kebakaran.

“Sekitar pukul 09.00 WIB terdengar bunyi ledakan keras disusul kepulan asap hitam dari salah satu kapal nelayan. Diperkirakan ada aktivitas di dalam boat sebelum terbakar. Puluhan boat buru- buru keluar dari PPI untuk menyelamatkan boat mereka,” kata Muhammad Nazir.

Baca Juga:  Junaidi Matraman, Pengusaha Nasi Gurih Bang Jun Meninggal Dunia

Muhammad Nazir mengungkapkan, satu orang korban, yaitu tenaga mesin, Samsul (40) berhasil diselamatkan dan dilarikan ke Puskesmas Sawang. Sementara tenaga pembantu mesin atas nama Iqbal (30) masih dalam pencarian.

“Korban Samsul dan Ikbal serta beberapa awak nelayan sedang beraktivitas didalam boat ketika terjadi kebakaran. Saat ini masyarakat, TNI/Polri sedang melakukan pencarian untuk memastikan keberadaan Iqbal,” papar Panglima Laot.

Pemilik KM Ariya Purnama, Kamaruzzaman yang ditemui di lokasi menyebutkan, ketika boat mulai dilalap api dirinya masih di rumah. “Setahu saya memang ada awak yang bekerja untuk persiapan turun melaut. Musibah ini diluar pengetahuan kita bang,” ungkap Kamaruzzaman yang disebut-sebut pemilik boat.

Baca Juga:  Waspada, Mr X Catut Nama dan Foto Pj Bupati Aceh Selatan Berkedok Salur Donasi

KM Ariya Purnama salah satu kapal motor setengah baya. Harga boat dan seluruh kelengkapan ditafsir lebih kurang Rp 1 Milyar. “Kalau boat tidak terpikirkan lagi, karena sudah dilalap api, usahakan kami fokus terhadap awak yang belum diketahui nasibnya,” pungkas Kamaruzzaman.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.