Salman Alfarisi, Sosok Rendah Hati, Bersahaja dan Pekerja Keras

Bakal Calon Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Salman Alfarisi ST
Bagikan:

“Termasuk kami yang sudah tua seperti sekarang ini, dia menjadikan dirinya seperti adek kami. Ini yang membuat kami senang dan bersimpati kepada Salman Alfarisi ini,” pungkas Jufri Hasan.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|BLANGPIDIE – Tidak ada yang tidak kenal dengan sosok Salman Alfarisi ST, Sekda Aceh Barat Daya (Abdya) yang merupakan adik kandung dari Akmal Ibrahim SH mantan Bupati Aceh Barat Daya dua periode ini. Ia merupakan tokoh bersahaja, rendah hati, pekerja keras.

“Salman Alfarisi adalah sosok yang bersahaja, rendah hati, pekerja keras, egaliter, berilmu dan arif,” kata M Jufri Hasan, salah seorang tokoh politik asal Kuala Batee, Abdya saat bincang – bincang dengan AntaranNews.com, Jumat (26/04/2024) malam.

Baca Juga:  Tingkatkan Pelayanan Publik, UTU Launching Unit Layanan Terpadu

Jufri Hasan menilai, pola komunikasi searah yang dibangun Salman Alfarisi selama ini membuat lawan bicaranya nyaman. Karena dalam berkomunikasi, Salman lebih mengutamakan mendengar kemudian memberi solusi.”Tipe pribadi semacam Salman Alfarisi inilah yang layak jadi pemimpin,” ungkap Jufri Hasan.

Kemudian konsep egaliter (persamaan derajat) yang diterapkan Salman Alfarisi selama menjadi Sekda Abdya dinilai oleh Jufri Hasan mampu mendorong terjalinnya komunikasi yang baik dan menghilangkan jarak antara pimpinan dan bawahan, karena berbeda strata jabatan.

“Istilahnya, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Selain itu Salman juga punya kemampuan manajerial yang mumpuni, sebagai seorang pemimpin di birokrasi, dia dinilai oleh banyak kalangan memiliki sikap yang adil, rasa simpati dan empati yang tinggi,” ungkap Jufri Hasan.

Baca Juga:  Iswandi Jabat Ketua KIP Abdya Periode 2023-2028

Menurut Jufri Hasan, konsep egaliter yang diterapkan Salman Alfarisi selama ini ternyata ampuh untuk menjaga hubungan harmonis antara dirinya dengan bawahan dan masyarakat, sehingga tidak pernah terjadi konflik.

“Konsep egaliter yang diterapkan Salman Alfarisi selama ini bisa menjadikannya pemimpin yang dicintai oleh bawahan dan masyarakat. Kita yakin, semua yang dipimpinnya ke depan merasa nyaman bekerja dan menyelesaikan tugasnya,” ulas Jufri Hasan.

Sebab, lanjut Jufri Hasan, dengan penerapan konsep egaliter dalam dunia kepemimpinan, bawahan bisa berkomunikasi secara luwes, terbuka bersama pimpinan, serta bisa mencairkan suasana, sehingga memudahkan untuk saling bertukar pikiran, memecahkan masalah, kritik, oto-kritik, bahkan saling bertukar informasi.

Baca Juga:  Dua Putra Nagan Raya Tahfiz Quran Dapat Beasiswa ke Turki

Jufri Hasan juga menilai, sosok Salman Alfarisi adalah figur yang dirindukan masyarakat dalam memimpin Aceh Barat Daya ke depan. Karena Salman memiliki karakter peduli dan rendah hati kepada semua orang. Tak peduli dari manapun kita berasal, semuanya dia hargai.

“Termasuk kami yang sudah tua seperti sekarang ini, dia menjadikan kami seperti abangnya. Ini yang membuat kami senang dan bersimpati kepada Salman Alfarisi ini,” pungkas Jufri Hasan.

Untuk diketahui, saat ini Salman Alfarisi menjabat sebagai Sekda Aceh Barat Daya. Suami dari drh Hj Cut Hasnah Nur ini sudah membulatkan tekad untuk maju di Pilkada Abdya 2024 dan mengambil pensiun dini di ASN.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.