Salurkan 150 Paket Sembako, IBI Abdya Bantu Bumil Kurang Mampu

SEMBAKO : Ketua IBI Abdya, Safliati SST MKes beserta jajarannya menyalurkan 150 paket sembako dan makanan bergizi kepada ibu hamil kurang mampu dalam wilayah Abdya, Senin (17/04/2023). ANTARAN / AGUS
Bagikan:

“Kegiatan ini dilaksanakan di 14 ranting dalam wilayah Abdya. Kemudian untuk sumber dananya berasal dari seluruh anggota IBI Abdya,” ujarnya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Jajaran Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (17/04/2023) menyalurkan 150 paket sembako dan makanan bergizi kepada ibu hamil (Bumil) yang kurang mampu dalam wilayah kabupaten setempat.

Ketua IBI Abdya, Safliati SST MKes kepada wartawan mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi kebahagiaan dengan para bumil yang kurang mampu, sehingga dengan adanya bantuan dimaksud, mereka bisa menjaga asupan gizi dan anak yang berada dalam kandungan tetap aman serta sehat.

Baca Juga:  Resmi Ditutup, Ini Daftar 10 Besar Juara MTQ Aceh Ke-35

Dia berharap, bantuan yang diterima tak dilihat dari jumlahnya, namun lebih pada bentuk kepedulian IBI Abdya. Menurutnya, keberadaan ibu hamil memang menjadi salah satu kelompok yang mendapat perhatian khsusus ditengah maraknya kasus stunting yang melanda Indonesia.

“Kalau lengah, tentu akan kehilangan generasi yang sehat jiwa dan raga dimasa yang akan datang. Di sinilah, tanggung jawab orang tua khususnya seorang ibu sangat dibutuhkan,” paparnya.

Saat hamil, lanjutnya, seorang wanita memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dari biasanya. Oleh sebab itu, para bumil terutama bagi mereka yang kurang mampu harus dibantu dengan rajin mengkonsumsi makanan bergizi.

Baca Juga:  Calon Anggota PPK di Aceh Selatan Ikuti Seleksi Wawancara

“Kegiatan ini dilaksanakan di 14 ranting dalam wilayah Abdya. Kemudian untuk sumber dananya berasal dari seluruh anggota IBI Abdya,” ujarnya.

Menurutnya, penting untuk diketahui, seorang ibu hamil harus mempunyai status gizi yang baik dan mengkonsumsi makanan yang beranekaragam baik proporsi maupun jumlahnya.

“Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan lebih banyak karena harus memenuhi kebutuhan zat gizi untuk dirinya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan janin/bayinya,” jelasnya.

Bila makanan ibu sehari-hari tidak cukup mengandung zat gizi yang dibutuhkan, lanjutnya, maka janin atau bayi akan mengambil persediaan yang ada di dalam tubuh ibunya, seperti sel lemak ibu sebagai sumber kalori, zat besi dari simpanan di dalam tubuh ibu sebagai sumber zat besi janin/bayi.

Baca Juga:  Kapusdatin Pimpinan Rapat Jarak Jauh Dari Kecamatan Pedalaman

“Demikian juga beberapa zat gizi tertentu tidak disimpan di dalam tubuh seperti vitamin C dan vitamin B yang banyak terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan,” ulasnya.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini para ibu hamil dapat selalu menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar anak yang dilahirkan sehat dan tidak stunting.

“Terimakasih juga kepada seluruh rekan-rekan IBI Abdya yang telah ikut berpartisipasi langsung, semoga IBI Abdya semakin maju,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.