Sehari Jelang Ramadhan, Wisata di Abdya Dipadati Pengunjung

Objek wisata di Pantai Pasie Ujong Manggeng, Desa Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Abdya dipadati pengunjung, Minggu (10/3/2024). ANTARAN/Rizal
Bagikan:

Seperti halnya terlihat di Pantai Pasie Ujong Manggeng, Desa Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Abdya. Warga dari beberapa Desa di kecamatan setempat termasuk dari kabupaten tetangga turut memadati lokasi pantai yang sudah terkenal sejak ratusan tahun itu.

Jurnalis: Rizal

ANTARAN | BLANGPIDIE – Budaya mengunjungi objek wisata baik pantai, kolam pemandian bahkan sungai, sudah menjadi tradisi turun temurun sejumlah masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sehari menjelang pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadhan dalam setiap tahunnya.

Seperti halnya terlihat di Pantai Pasie Ujong Manggeng, Desa Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Abdya. Warga dari beberapa Desa di kecamatan setempat termasuk dari kabupaten tetangga turut memadati lokasi pantai yang sudah terkenal sejak ratusan tahun itu.

Terkenal dengan ombak lautnya yang landai, membuat wisatawan lokal senang mengunjungi pantai untuk bersantai, makan-makan dan mandi.

Baca Juga:  Ketua TP-PKK Aceh Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Meunasah Manyang

Tak hanya di Ujong Manggeng, para pengunjung tampak memadati sejumlah objek wisata seperti pemandian alam di Alur Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, Krueng (Sungai) Babahrot.

Selain itu, Kreung Beukah Kecamatan Blangpidie, kolam pemandian di Setia dan Kreung Baru yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Aceh Selatan serta dibeberapa objek wisata laut seperti, Pantai Jilbab, Pantai Bali, Lama Muda dan Cemara Indah.

Dedi, warga Kecamatan Manggeng kepada wartawan, Minggu (10/03/2024) mengatakan, dia dan keluarga besarnya memang kerap berkunjung ke sejumlah kawasan objek wisata di Abdya, bahkan hampir setiap libur. Salah satunya ke lokasi objek wisata Pantai Ujong Manggeng.

Selain akses jalan yang mudah terjangkau, pemandangan alam sekitar pantai juga masih sangat alami. Suasana pantai di kawasan ini juga sangat nyaman serta cocok untuk melepaskan kepenatan sekaligus sebagai tempat untuk berkumpul dengan para sahabat beserta sanak famili lainnya.

Baca Juga:  Agam Abdya Raih Juara III Ajang Duta Wisata Aceh

Menurutnya, objek wisata Pantai Ujong Manggeng dan lokasi lainnya selalu ramai dikunjungi warga, terlebih lagi saat-saat libur seperti libur akhir pekan, libur lebaran dan momen lainnya termasuk sehari sebelum bulan suci Ramadhan.

Selain di pantai, warga Abdya dan sekitar juga banyak yang menghabiskan waktu liburannya di tempat-tempat pemandian yang mudah dikunjungi, selain tidak memakan waktu yang lama untuk sampai ke tujuan, biaya yang dikeluarkan pun juga lebih terjangkau.

Amatan di lapangan, ratusan kendaraan bermotor seperti mobil pribadi dan sepeda motor memadati sejumlah ruas jalan dan jalur-jalur alternatif yang menuju ke lokasi objek wisata. Sementara itu, arus jalan lintas nasional Blangpidie-Tapaktuan nampak banyak kendaraan yang lalu lalang.

Baca Juga:  Minta Tindaklanjut Putusan MA Terkait eks HGU PT CA, Pj Bupati Abdya Temui Wamen ATR/BPN

Sebagian besar pengunjung objek wisata laut maupun objek wisata pemandian alam umumnya juga berasal dari kabupaten tetangga seperti Aceh Selatan, Nagan Raga hingga Aceh Barat.

Bahkan beberapa rombongan pengunjung banyak yang menaiki kendaraan bak terbuka untuk mencapai sejumlah tempat-tempat bersantai di Kabupaten itu.

Padahal, berpergian dengan menggunakan kendaraan bak terbuka sangat membahayakan keselamtan jiwa mereka, namun untuk sampai ke lokasi yang dituju, banyak diantara masyarakat yang tidak menghiraukan hal itu, meskipun pihak kepolisian telah melarang warga agar tidak menggunakan bak terbuka. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.