Sejak Lama Dinantikan Warga, Puskeswan Bakotim Aceh Selatan Diresmikan

Asisten III Pemkab Aceh Selatan, H Halimuddin, SH, M. Hum memberi sambutan singkat saat berlangsung peresmian Puskeswan di Bakotim. Foto: ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

“Kehadiran Puskeswan sejak lama dinanti-nantikan masyarakat tiga kecamatan. Alhamdulillah berkat kerjasama dan dorongan semua pihak sudah terkabul,” ujar H Halimuddin, SH, M.Hum.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Sejak lama dinantikan warga Bakongan, Bakongan Timur (Bakotim) dan Kota Bahagia untuk tersedianya layanan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) akhirnya terwujud dibawah kepemimpinan Bupati Tgk Amran

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran diwakili Asisten III H. Halimuddin, SH, M.Hum meresmikan kantor Puskeswan ke lima di Gampong (desa) Ujung Pulo Cut, Kecamatan Bakotim, Selasa (16/05/2023) kemarin.

“Kehadiran Puskeswan sejak lama dinanti-nantikan masyarakat tiga kecamatan. Alhamdulillah berkat kerjasama dan dorongan semua pihak sudah terkabul dan dapat difungsikan,” ujar Asisten III Pemkab Aceh Selatan, H. Halimuddin saat prosesi peresmian berlangsung.

Baca Juga:  Hadapi Pileg dan Pilpres 2024, Partai Golkar Abdya Gelar Rakerda Penguatan

Ia mengatakan, pemerintah daerah sangat menyadari masyarakat di tiga kecamatan sejak lama merindukan tersedianya fasilitas kesehatan hewan. Namun, baru terlaksana dan terakomodir di penghujung kepemimpinan Bapak Bupati Tgk Amran.

“Sebenarnya bapak bupati bukan lamban merespon tetapi dikarenakan daerah dan nasional dibelenggu Covid-19 dan inflasi sehingga menjadi kendala di sektor pembangunan infrastruktur,” ujar Halimuddin kepada antaran, Rabu (17/5/2023).

Bapak bupati berpesan, tambah Halimuddin, kantor Puskeswan tersebut digunakan dengan baik dan dirawat dengan baik sebagai sarana kesehatan hewan. Sehingga, keberadaannya bisa maksimal dan berfungsi sampai ke generasi penerus.

Baca Juga:  TMMD 2023 Kota Subulussalam Ditinjau Tim Wasev

Terpisah, kepada antaran, Kepala Dinas Pertanian Aceh Selatan H Nyaklah, SP. MM mengatakan, terwujudnya pembangunan gedung Puskeswan di Bakongan Raya itu tidak terlepas dari keseriusan bapak bupati diiringi dukungan dan doa dari masyarakat.

“Alhamdulillah, saat ini di Aceh Selatan sudah tersedia lima unit kantor Puskeswan di lima titik. Sebelumnya, kami juga melakukan rehab tiga gedung Puskeswan. Mudah-mudahan dengan adanya fasilitas Puskeswan, peternak lebih kontiyu memeriksa kesehatan hewan agar terhindar dari wabah penyakit,” ungkap Nyaklah.

Dijabarkan Kadis Pertanian, selain di Bakotim, pemerintah daerah sudah membangun empat kantor Puskeswan di kecamatan Labuhanhaji, Meukek dan Kluet Utara, serta Puskeswan Trumon Raya semasa kepemimpinan sebelumnya.

Baca Juga:  Koordinator MPO Aceh : Rakyat Aceh Menolak Perpanjangan Pj Gubernur Aceh

“Atas instruksi bapak bupati, untuk merawat dan memelihara keberadaannya, kami baru saja melaksanakan rehab Puskeswan Labuhanhaji, Meukek dan Kluet Utara,” jelasnya.

Sambung Nyaklah, kelima Puskeswan difungsikan dengan baik sehingga hewan-hewan ternak di Aceh Selatan selalu dalam kondisi sehat dan layak di konsumsi warga.

Informasi dihimpun, geliat peresmian Puskeswan disanding acara penyantunan anak yatim. Turut hadir para camat dan unsur Muspika tiga kecamatan, Keuchik, tokoh masyarakat dan pemuda.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.