Selain dari Daerah dan Donatur, Bantuan Provinsi Aceh Mengalir Untuk Korban Banjir Bandang Ladang Rimba

Zaitun Muhammad (pakai topi) ikut serta membersihkan salah satu rumah ibadah dari genangan lumpur di Ladang Rimba, Trumon Tengah. ANTARAN/Ist.
Bagikan:

“Hasil pemantauan kami di lapangan, selain bersumber dari masyarakat, donatur dan pemerintah daerah, bantuan juga mengalir dari Provinsi Aceh untuk korban banjir bandang di Ladang Rimba, Trumon Tengah,” ujar Zaiton Muhammad.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Pasca bencana alam, banjir bandang yang menggerogoti pemukiman penduduk tiga Gampong (desa) di Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, berbagai bantuan terus mengalir untuk meringankan kebutuhan korban, termasuk dari Provinsi Aceh dan Pusat.

Tokoh masyarakat Bakongan Raya dan Trumon Raya, Kabupaten Aceh Selatan, Zaiton Muhammad menyebutkan, sejak peristiwa banjir bandang yang melanda Gampong Ladang Rimba, Pulo Paya dan Krueng Batee, berbagai bantuan terus berdatangan untuk korban dan upaya penanganan tindakan darurat.

Baca Juga:  Evaluasi Kinerja SKPK Aceh Selatan Mendapat Dukungan Positif

“Hasil pemantauan kami di lapangan, selain bersumber dari masyarakat, donatur dan pemerintah daerah, bantuan juga mengalir dari Provinsi Aceh untuk korban banjir bandang di Ladang Rimba, Trumon Tengah,” ujar Zaiton Muhammad kepada antaran di Tapaktuan, Selasa (28/11/2023).

Dikatakan Zaiton Muhammad, semua bantuan dan tindakan yang disalurkan masyarakat secara tulus ikhlas, baik materi maupun pemikiran, besar atau kecil, menjadikan modal dasar dalam upaya pemulihan bencana alam di Trumon Tengah.

Begitu juga pemberitaan yang dilansir kawan-kawan media sangat berdampak positif untuk membantu korban dan pemerintahan hingga informasi bencana tersebut diketahui publik secara meluas.

Baca Juga:  Inpersi Aceh Selatan Salurkan Bantuan dan Bersihkan Rumah Korban Banjir Bandang

“Saya sering ke lokasi, sedikitnya tau rangkaian perkembangan yang terjadi. Harus kita akui, bencana banjir bandang di Ladang Rimba sangat berat dan berdampak ke sendi-sendi perekonomian rakyat. Bantuan dari mana dan siapapun sangat dibutuhkan korban,” papar calon anggota DPR-RI dari Partai Gerindra itu.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang (Kabid) Darurat dan Logistik, Ruspiadi, SE, M.Si membenarkan, bantuan terus berdatangan dari berbagai penjuru.

“Selain dari masyarakat, donatur, lembaga dan pemerintah daerah, bantuan logistik juga datang dari luar daerah, terutama Provinsi Aceh. Jumlahnya bervariasi, jadi sulit dijabarkan satu persatu,” ungkap Ruspiadi.

Baca Juga:  KNRP Aceh : Mencapai Rp 923 Juta, Aceh Selatan Serahkan Donasi Terbesar Untuk Rakyat Palestina

Menurut Kabid Darurat dan Logistik BPBD Aceh Selatan, bantuan disalurkan melalui Posko Induk, diantaranya bersumber dari BPBA, BPJN Aceh Kementerian PUPR, PPPK 2.5, BNPB Pusat dan anggota DPRA serta Pengusaha dan komponen lain.

Khusus BPBA, sebut Ruspiadi, menyalurkan bantuan 1.000 sak beras isi 5 kilogram. 320 dus mie instan, 240 liter minyak goreng, 300 dus air mineral dan 3.000 butir telor.

Informasi dihimpun, dalam beberapa hari mendatang, Baitul Mall provinsi Aceh juga akan menyalurkan bantuan masa panik untuk koban bencana alam Ladang Rimba, Trumon Tengah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.