Selama Penyortiran dan Pelipatan, KIP Aceh Selatan Menemukan 13 Lembar Surat Suara Pemilu 2024 Rusak

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi bersama dua komisioner KIP Yusrizal, ST, MT dan Sudarman Syarif memperlihatkan surat suara rusak akibat berlobang di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Rabu (10/1/2024). ANTARAN / Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Selama dua hari dilaksanakan kegiatan penyortiran dan pelipatan, kami hanya menemukan 13 lembar surat suara Pemilu 2024 mengalami kerusakan, akibat sobek dan kusut,” kata Ketua KIP Aceh Selatan.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan dengan pengamanan ketat dari jajaran Kepolisian setempat terus berjibaku melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 lanjutan di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Rabu (10/1/2024).

Ketua KIP Aceh Selatan, Kafrawi, SE menyebutkan, tahap awal dilaksanakan di Gudang logistik Pemilu jalan Teungku Angkasah, Lhok Bengkuang selama dua hari, tanggal 8-9 Januari 2024, kemarin dengan melibatkan 30 tenaga kerja atau tiga kelompok.

Baca Juga:  Oknum PNS di Abdya Diduga Nyambi Jadi Rentenir, Beri Pinjaman 2 Juta Tagih Sampai 7 Juta

“Selama dua hari dilaksanakan kegiatan penyortiran dan pelipatan, kami hanya menemukan 13 lembar surat suara Pemilu 2024 mengalami kerusakan, akibat sobek dan kusut. Sebanyak 15.401 lembar utuh dan sudah dipisahkan,” kata Ketua KIP Aceh Selatan kepada antaran di lokasi.

Ia menyebutkan, tahap awal kami melakukan penyortiran surat suara untuk DPRD Kabupaten dan sudah rampung dilaksanakan untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I Tapaktuan-Samadua.

“Untuk mengejar waktu dan pelaksanaan lebih nyaman dan aman, lokasi penyortiran dan pelipatan dialihkan ke tempat lebih representatif, yakni di Gedung Rumoh Agama dengan melibatkan 200 tenaga kerja dengan pengamanan ketat pihak Kepolisian Polres Aceh Selatan dan personel Satpol PP,” paparnya.

Baca Juga:  Salah Seorang Personil Polres Aceh Selatan Masuk Islam

Khusus di Gedung Rumoh Agam, tambah Kafrawi, dilaksanakan mulai hari ini, tanggal 10 sampai 17 Januari 2024 hingga proses penyortiran dan pelipatan seluruh surat suara selesai.

Menurut Kafrawi, total surat suara Pemilu Legislatif dan Capres-Cawapres 2024 berjumlah 875.360 lembar, terdiri lima jenis dengan 10 kategori pemisahan meliputi, Dapil I sampai VI DPRD Kabupaten, DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR-RI, DPD-RI dan Capres-Cawapres.

“Jika dilihat dari perkembangan dan jumlah tenaga kerja yang dilibatkan, prediksi kami perhari tembus 70.000 lembar surat suara di sortir dan dilipat. Hari ini, KIP juga menemukan surat suara yang mengalami kerusakan dikarenakan sobek,” urai Kafrawi didampingi dua komisioner Yusrizal, ST, MT dan Sudarman Syarif, ST serta Ketua Panwaslih Aceh Selatan Deri Friadi.

Baca Juga:  Sambut Maulid Nabi 1445 H, Pemkab Aceh Selatan Gelar Pasar Murah

Sebagaimana dipublikasi, kabupaten Aceh Selatan terdapat 697 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan penyediaan 3.521 Kotak suara.

Dari surat suara berjumlah 875.360 lembar, disiagakan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) masing-masing jenis pemilihan sebanyak 1.000 lembar.

“Khusus penyimpanan surat suara PSU, KIP Aceh Selatan hanya menyimpan surat suara pemilihan tingkat DPRK dan Pilpres-Wapres. Sedangkan surat suara PSU pemilihan DPRD Provinsi, DPR-RI dan DPD-RI disimpan di KIP Aceh,” pungkas Kafrawi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.