Semarak Kemerdekaan ke-78, Kodim 0109 Kibarkan Merah Putih di Kawasan Rawa Singkil

Dandim 0109 Singkil, Letkol Inf Moh Mulyono bersama Camat Singkil memasang bendera merah putih peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pos BKSDA Aceh Singkil, kawasan Wisata Lae Treup SM Rawa Singkil. ANTARAN / Helmi
Bagikan:

“Flora fauna di Kawasan SM Rawa Singkil ini masih alami dan belum tersentuh tangan manusia. Masih banyak tumbuhan liar, maupun satwa liar seperti Orang Utan, Buaya, burung-burung langka, ular dan hewan liar lainnya,” terangnya.

Jurnalis : Helmi

ANTARAN|SINGKIL – Dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Kodim 0109 Aceh Singkil bersama Muspika Singkil dan masyarakat mengibarkan Bendera Merah Putih di Kawasan Hutan Konservasi Suaka Margasatwa Rawa Singkil, Rabu (16/08/2023).

Merah putih terlihat berkibar di lokasi ekowisata Lae Treup Kawasan Suaka Margasatwa (SM) Rawa Singkil, yang di pasang di lokasi habitat buaya dan pepohonan disekitar kawasan tersebut. Kemudian di Pos penjagaan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh Singkil.

Pemasangan bendera ini turut dikawal oleh TNI dari Kodim 0109 Singkil, Danramil Singkil, serta personel Polsek Singkil, yang dinakhodai oleh kelompok pelaku wisata dari Desa Suka Makmur, Desa Teluk Rumbia dan Desa Takal Pasir menggunakan 5 armada perahu bermesin, serangkaian parade mengibarkan bendera merah putih menyusuri arus sungai dengan perahu mesin.

Baca Juga:  Hari Ini, Rombongan Pj Gubernur Bergerak ke Aceh Tengah

Penuh tantangan dan perjuangan untuk mengibarkan bendera merah putih di ekowisata Lae Treup ini. Selain mengarungi sungai dan melewati lintasan hutan bakau yang sempit dan sulit dilalui perahu, juga merupakan kawasan habitat buaya ganas.

Ini salah satu bentuk upaya untuk melanjutkan perjuangan para pejuang terdahulu yang bersusah payah untuk mengibarkan Sang Merah Putih dalam memperjuangkan kemerdekaan RI terdahulu.

Komandan Kodim 0109 Aceh Singkil Letkol Inf Moh Mulyono yang dikonfirmasi antaran, usai pengibaran bendera merah putih mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan seluruh jajaran Pemkab Aceh Singkil yang diprakarsai Kodim 0109 Aceh singkil dilaksanakan sesuai arahan Panglima Kodam Iskandar Muda (IM) Provinsi Aceh.

Pengibaran Bendera Merah Putih, di plang himbauan habitat buaya dan pohon, serangkaian parade bendera merah putih, di Ekowisata Lae Treup yang masuk dalam Kawasan Hutan Konservasi, Suaka Margasatwa Rawa Singkil, Rabu (16/8/2023). ANTARAN / Helmi

Pengibaran merah putih di kawasan SM Rawa Singkil ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-78, sekaligus mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian sekitar alam kawasan konservasi tersebut.

Baca Juga:  Disdikbud Abdya Diminta Perhatikan Sekolah Pedalaman

“Sehingga harapan kita agar SM Rawa Singkil ini bisa di ekspos menjadi cagar budaya dan icon pariwisata Lae Treup di kawasan tersebut,” kata Letkol Inf Moh Mulyono.

Dalam kesempatan itu Dandim juga mengaku kagum dengan suasana di kawasan Rawa Singkil tersebut.

“Begitu memasuki sungai ke kawasan Rawa Singkil dari Sungai Lae Soraya, suasananya sangat berbeda, cuaca sangat sejuk, airnya dingin meski dibawah terik matahari,” ucap Letkol Mulyono.

Sementara itu, Camat Singkil, Khairuddin berpesan, agar masyarakat yang dekat dengan kawasan SM Rawa Singkil ini dapat menjaga kelestarian alam. Sehingga keasrian alamnya bisa terus terjaga.

“Flora fauna di Kawasan SM Rawa Singkil ini masih alami dan belum tersentuh tangan manusia. Masih banyak tumbuhan liar, maupun satwa liar seperti Orang Utan, Buaya, burung-burung langka, ular dan hewan liar lainnya,” terangnya.

Pengibaran Bendera Merah Putih, di plang himbauan habitat buaya dan pohon, serangkaian parade bendera merah putih, di Ekowisata Lae Treup yang masuk dalam Kawasan Hutan Konservasi, Suaka Margasatwa Rawa Singkil, Rabu (16/8/2023). ANTARAN / Helmi

Amatan antaran, untuk menuju kawasan SM Rawa Singkil ini, pengunjung harus menuju Desa Teluk Rumbia Singkil dengan sepeda motor yang menempuh perjalanan sekitar 20 menit.

Baca Juga:  Inspektorat Simeulue Surati CV Niscala Prima

Kemudian dari Desa Teluk Rumbia para Kelompok Pelaku Wisata yang telah terlatih dan memahami lintasan dikawasan itu, bisa mengantarkan pengunjung dengan perahu mesin, menyusuri sungai ke arah hulu, selama sekitar 15-20 menit.

Hutan Lae Treup SM Rawa Singkil ini merupakan salah satu destinasi unggulan di daratan Aceh Singkil.

Berdasarkan Keputusan MenLHK No: SK.103/MenLHK-2/2015, tentang Penetapan Wilayah KPHK Rawa Singkil yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Aceh Selatan, dan Kota Subulussalam Provinsi Aceh seluas + 82.374 ha.

Bahkan, saat kunjungan Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Perikanan dan Pariwisata Safri Burhanudin, pada 14 Agustus 2019 silam, mengaku terpukau melihat objek wisata Rawa Singkil.

Menurutnya, sungai Lae Treup tersebur mirip dengan Sungai Amazon di Brazil yang dibalut dengan hutan luas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.