Setelah 2 Tahun Menanti, Walikota Melepas Keberangkatan 17 JCH Subulussalam

Walikota Subulussalam, Affan Bintang bersalaman dengan Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Subulussalam dalam acara pelepasan para jamaah, Kamis (16/6/2022). Foto Ist
Bagikan:

Pelepasan ini berlangsung dalam haru-biru, karena para JCH ini sudah melakukan penantian selama dua tahun lamanya untuk bisa berangkat ke tanah suci.

ANTARANNEWS.COM |SUBULUSSALAM – Walikota Subulussalam, Affan Bintang melepas secara resmi keberangkatan sebanyak 17 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Subulussalam di komplek Masjid Agung, Kamis (16/06/2022).

Pelepasan ini berlangsung dalam haru-biru, karena para JCH ini sudah melakukan penantian selama dua tahun lamanya untuk bisa berangkat ke tanah suci.

Turut hadir dalam acara serimoni ini antara lain, Wakil Walikota Subulussalam, Salmaza, Dandim 0118/Subulussalam, Letkol Inf Winas Kurniawan, Kapolres Subulussalam, AKBP Muhammad Yanis SIK SH, dan Kepala Kantor Kemenag Subulussalam, Juniazi, serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat lainnya.

Walikota Affan Bintang dalam arahannya, menyampaikan rasa syukur atas dibukanya kembali ibadah haji oleh Kerajaan Arab Saudi. Sehingga sebanyak 17 JCH dari Kota Subulussalam dapat berangkat seluruhnya.

Baca Juga:  Kadisdik Aceh Buka Workshop Pengembangan Bahasa Kluet

“Walaupun masih banyak JCH yang masuk daftar tunggu (waiting list). Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tahun ini kuota haji Subulussalam mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” ungkapnya yang tidak merinci berapa persen terjadi kenaikan JCH yang betangkat tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam, H Juniazi SAg MPd dalam laporannya mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Agama telah membuka kembali pemberangkatan JCH ke tanah suci Makkah.

“Keberangkatan JCH tahun ini memiliki arti yang sangat penting. Karena jamaah berangkat setelah dua tahun melakukan penantian, karena pengaruh suspen Covid-19 yang melanda dunia,” kata Juniazi yang mantan Humas Kanwil Kemenag Aceh itu.

Baca Juga:  Pasar Centong Membara, Belasan Ruko Hangus Terbakar

Dijelaskan, pemerintah Kerajaan Arab Saudi tahun ini memberikan kouta haji untuk Indonesia sebanyak 100.051 jamaah. Jumlah ini paling besar dibanding negara-negara asal jamaah internasional lainnya di dunia.

“Provinsi Aceh tahun ini mendapatkan kouta sebanyak 1.993 JCH, dan Kota Subulussalam mendapatkan kouta awal sebanyak 31 orang. Namun, karena pembatasan usia dan penundaan keberangkatan. Maka, terakhir tahun ini Kota Subulussalam memberangkatkan 17 orang JCH,” katanya.

Sedangkan, jumlah yang masuk daftar tunggu JCH Kota Subulussalam, ungkap Juniazi, sampai dengan Juni 2022 sebanyak 1.299 JCH. JCH Kota Subulussalam bergabung dalam kloter (kelompok terbang) 5 Embarkasi Haji Banda Aceh.

Dalam kloter 5 ini, selain Kota Subulussalam juga bergabung JCH asal Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Simeulue, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, dan Aceh Singkil.

Baca Juga:  Open Turnamen PBSI Aceh Berakhir, Ini Daftar Juara

Setelah acara pelepasan, JCH Kota Subulussalam akan bertolak ke Banda Aceh pada Jumat (17 /6/2022) besok. Karena, Sabtu (18/6.2022) jamaah sudah memasuki Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh.

Kemudian, Minggu (19/6/2022) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, JCH take off menuju tanah cuci melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

Selama di Mekkah, JCH Kota Subulussalam berada di Maktab Raudhah, Hotel Nomor 305 Sektor III, yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari Masjidil Haram.

Dari jadwal yang dikeluarkan panitia penyelenggara haji Embarkasi Banda Aceh, kata Juniazi, JCH Kota Subulussalam akan kembali ke tanah air, Sabtu (30/72022) mendatang bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1444 H.(*)

Jurnalis : Suprijal Yusuf | Editor : Suprijal Yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.