Sigap Terhadap Musibah Kebakaran, Dr Nurdin Akan Bentuk Relawan Tingkat Gampong

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin S.Sos M.Si mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada Idrus yang merupakan korban kebakaran di Gampong Pasie Pawang, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya, Selasa (31/02/2023). ANTARAN / AL-FARABY
Bagikan:

“Untuk sigap terhadap musibah kebakaran, saat ini kita sedang menyiapkan relawan kebakaran di tingkat gampong, dan dalam waktu dekat ini akan kita resmikan relawan kebakaran tersebut,” ujar Dr Nurdin. 

Jurnalis : Al-Faraby

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Respon cepat terhadap musibah kebakaran, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin S.Sos M.Si mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada Idrus yang merupakan korban kebakaran di Gampong Pasie Pawang, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya, Selasa (31/02/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin mengatakan, kunjungan ini merupakan bentuk dukungan moral serta menyerahkan bantuan masa panik kepada saudara kita yang terkena musibah.

Baca Juga:  Terkait Kerjasama Bimbingan Kerohanian, Rutan Banda Aceh Lakukan Koordinasi Dengan Kemenag Aceh Besar

“Adapun bantuan masa panik ini berupa selimut, kain sarung, bahan bangun, bahan sembako, dan pelengkapan anak anak. Dengan harapan bantuan ini bisa mengurangi beban warga yang terkena musibah kebakaran ini,” kata Dr Nurdin.

Disisi lain, Dr Nurdin menuturkan untuk pencegahan terus menerus mendorong Badan penangulangan Bencana Kabupaten (BPBK) untuk meningkatkan kesiap siagaan, agar respon dari petugas terhadap musibah akan lebih cepat.

“Untuk sigap terhadap musibah kebakaran, saat ini kita sedang menyiapkan relawan kebakaran di tingkat gampong, dan dalam waktu dekat ini akan kita resmikan relawan kebakaran tersebut,” ujar Dr Nurdin.

Baca Juga:  Dr Nurdin Terima SK Tuan Rumah PORA XV Tahun 2026

Disamping itu, lanjutnya, Pemkab Aceh Jaya juga sedang mendorong untuk kesiap siagaan ini dalam bentuk rescue berbasis masyarakat dengan melibatkan pemuda pemuda sebagai tenaga relawan di tingkat gampong.

Ini disebut juga Pencegahan kebakaran yang berbasis komunitas. Agar ini berjalan efektif nantinya akan ada pembekalan dan pelatihan pelatihan terhadap relawan tersebut, sehingga kesiap siagaan dalam mencegah kebakaran akan lebih maksimal nantinya,” ungkap Dr Nurdin.

Berikutnya dalam upaya pencegahannya, kata Dr Nurdin, kedepan disetiap gedung gedung dan rumah rumah baik ditingkat gampong akan didorong dan upayakan mempunyai Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Baca Juga:  447 Peserta Ikuti CAT Calon Anggota PPK di Abdya

“Dan dengan terbentuknya relawan kebakaran dan kesediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Nantinya kesiap siagaan dan ketangguhan dalam mencegah kebakaran ini semakin baik di Kabupaten Aceh Jaya,” harapnya.

Disamping itu, lanjut Dr Nurdin, untuk pencegahan terhapan kebakaran Pemerintah Aceh Jaya juga telah mengeluarkan Surat edaran Nomor : 360/124/2023 tertanggal 24 Januari 2023. “InsyaAllah dengan demikian kedepena penanganannya bisa lebih maksimal,” pungkas Dr Nurdin.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.