Sungai Alas Agara Jadi Venue Arung Jeram, Warga Apresiasi Pj Gubernur Aceh

Salah satu rute menarik dan sangat menantang di sungai Alas Aceh Tenggara, yang bakal dilewati peserta pada cabor Arung Jeram PON XXI Aceh- Sumut 2024 akan datang. ANTARAN / Foto Istimewa
Bagikan:

“Apresiasi sebesar-besarnya saya sampaikan pada pak Pj Guburnur Aceh, Achmad Marzuki yang telah menetapkan kembali keputusannya menjadikan sungai Alas Aceh Tenggara sebagai Venue Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut,” ujar Fandi Sikel.

Jurnalis : Amran

ANTARAN| KUTACANE – Berbagai komponen masyarakat menyambut hangat keputusan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki yang menetapkan kembali sungai Alas Aceh Tenggara menjadi Venue Arung Jeram PON XXI Aceh -Sumut 2024.

Dukungan dan apresiasi tersebut datang dari Ketua Ikatan Pemuda Karya (IPK) Aceh Tenggara, Dr Fandi Sikel, Ketua DPC Demokrat, Arif, Bupati LSM LIRA Agara, Fajriansyah, Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), Ahmad Hasyimi dan elemen masyarakat bumi Sepakat Segenep lainnya.

“Apresiasi sebesar-besarnya saya sampaikan pada pak Pj Guburnur Aceh, Achmad Marzuki yang telah menetapkan kembali keputusannya menjadikan sungai Alas Aceh Tenggara sebagai Venue Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut,ditengah upaya oknum Ketua FAJI Aceh yang berupaya mengalihkan Venue cabor Arung jeram di sungai Mane Pidie,” ujar Fandi Sikel.

Baca Juga:  10 Alat Berat Dikerahkan Membersih Material Banjir Bandang di Ladang Rimba

Terbitnya Surat Keputusan Pj Gubernur Aceh terbaru Nomor : 426.2/1294/2023 tersebut, jelas membuat seluruh komponen masyarakat bumi Sepakat Segenep merasa senang karena ditetapkannya kembali sungai Alas di Aceh Tenggar, menjadi Venue PON XXI Aceh – Sumut 2024 akan datang.

Sebelumnya, dua ratusan ribu jiwa lebih warga Aceh Tenggara, sempat merasa was-was dan protes yang berujung pada aksi unjuk rasa dari kalangan pemuda, menyusul terbitnya surat dari FAJI pusat yang mendukung Sungai Mane Pidie menjadi Venue Cabor Arung Jeram PON 2024, kendati pada SK Pj Gubernur Aceh sebelumnya nomor 426.2/990/2022, juga menetapkan sungai Alas sebagai Venue Cabor Arung Jeram.

Fandi Sikel juga memuji dan menambahkan jika Keputusan Pj Gubernur Achmad Marzuki tersebut sangat tepat dan berharap Pokja PON Arung jeram yakni KONI Aceh dan FAJI Pusat dan FAJI Aceh agar segera melakukan survey ke sungai Alas Aceh Tenggara.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Pemerintah Aceh Selatan Cek Stok Sembako

Terpisah, Ketua Partai Demokrat, Arif dan Ketua FAJI Agara, Ahmad Hasyimi menambahkan, keputusan Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, sangat tepat karena selain sering menjadi tempat berlangsungnya even Arung Jeram bertaraf Internasional, juga merupakan tempat asal lahirnya olah raga Arung Jeram di Aceh dan beberapa Provinsi lainnya.

Olah raga Arung bukan hanya dikenal di Aceh Tenggara maupun di Indonesia saja, namun telah terkenal sampai ke manca negara, sebab itu sangat wajar jika sungai Alas ditetapkan Pj Gubernur menjadi Venue Arung Jeram PON XXI Aceh – Sumut 2024 akan datang.

Salah satu rute menarik dan sangat menantang di sungai Alas Aceh Tenggara, yang bakal dilewati peserta pada cabor Arung Jeram PON XXI Aceh- Sumut 2024 akan datang. ANTARAN / Foto Istimewa

Apalagi, sambung Fajriansyah, Bupati LIRA Agara, grade (tingkat kesulitan) sungai Alas sangat unik, bukan hanya pada grade 3 saja, namun sampai pada grade 5. Kondisi menantang tersebut didukung lagi dengan debit air sungai Alas yang terbilang stabil dan a mengalir dari kawasan hutan dan juga membelah Taman Nasional Gunung Leuser sebagai salah satu andalan wisata Aceh Tenggara.

Baca Juga:  Dukung Pengentasan Stunting, PT PLB Berikan Makanan Bergizi Balita Aceh Singkil

Karena itu, sebut Arif, Ahmad Hasyimi dan Fajriansyah serta unsur pemuda lainnya, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih pada Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, yang telah mengambil keputusan tepat dan sangat memahami harapan masyarakat bumi Sepakat Segenep yang merindukan sungai Alas menjadi salah satu Venue PON XXI Aceh – Sumut 2024 akan datang.

“Semoga sungai Alas Aceh Tenggara semakin dikenal di dunia luar, semoga penunjukan serta penetapan sungai Alas menjadi Venue Arung Jeram PON, bisa mendongkrak pendapatan warga bumi Sepakat Segenep secara keseluruhan dan sekaligus bisa menjadi ajang promosi wisata Aceh Tenggara,” ujar Ahmad Hasyimi diamini warga lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.