Tak Memenuhi Syarat, Puluhan Bacaleg di Abdya Kembali Ikut Tes Baca Alquran

Salah satu Bacaleg mengikuti tes mampu baca Alquran dalam masa perbaikan di Aula KIP Abdya, Rabu (12/07/2023). ANTARAN / Rizal
Bagikan:

“Nanti para bacaleg tinggal membawa bukti pendaftaran di SILON ke Sekretariat KIP Abdya. Kemudian dipersilahkan untuk ikut tes mengaji kembali,” kata Yudi diruang kerjanya.

Jurnalis : Rizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Puluhan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari berbagai partai politik nasional (Parnas) maupun lokal (Parlok) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), kembali mengikuti uji mampu membaca Alquran karena tidak memenuhi syarat pada saat tes mengaji tahap pertama dari tanggal 6-12 Juni 2023 lalu.

Dilaporkan sekitar 167 Bacaleg mangkir tanpa keterangan meski sudah beberapa kali dihubungi pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat. Dengan demikian, mereka yang tidak hadir tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat dan harus daftar kembali melalui sistem informasi pencalonan (SILON). Kemudian, para Bacaleg di SILON akan mengikuti kembali tes baca Alquran yang diselenggarakan KIP Abdya dari tanggal 10-15 Juli mendatang.

Baca Juga:  Pj Bupati : Rancangan KUPA dan PPAS-P Gayo Lues Harap Dimaknai Dengan Arif dan Bijaksana

Ketua KIP Abdya, Yudi Nirmansyah, kepada antaran, Rabu (12/07/2023) pagi mengatakan, para bacaleg yang kembali mengikuti uji mampu baca Alquran ini merupakan para Bacaleg yang tidak hadir saat tes mampu baca Alquran pada tahap pertama bulan lalu. Termasuk Bacaleg pengganti dari Bacaleg yang gugur saat tes baca Alquran pada tahap lalu.

Para Bacaleg yang tidak hadir maupun gugur dalam tahap pertama itu, akan mendaftar kembali melalui aplikasi sistem informasi pencalonan (SILON) yang dibuka sejak tanggal 26 Juni sampai 9 Juli 2023. “Nanti para bacaleg tinggal membawa bukti pendaftaran di SILON ke Sekretariat KIP Abdya. Kemudian dipersilahkan untuk ikut tes mengaji kembali,” kata Yudi diruang kerjanya.

Ditanya mengenai berapa Bacaleg yang sudah mendaftar di SILON yang kembali mengikuti uji mampu baca Alquran. Yudi menerangkan kalau data itu sedang dalam proses rekapitulasi dari tim teknis. “Saat ini sedang kita lakukan perekapan. Nanti kalau sudah ada, akan kita informasikan kembali lebih lanjut,” ungkapnya.

Baca Juga:  Di Ajang PORA XIV Aceh, Atlet Catur Aceh Selatan Raih 1 Emas 1 Perak dan 3 Perunggu 

Meskipun demikian, lanjut Yudi, dari tanggal 10-12 Juli 2023, diperkirakan sudah ada sekitar 30 lebih Bacaleg yang kembali ikut tes mampu membaca Alquran. “Bisa saja hingga sore nanti akan bertambah lagi. Karena kita masih memberikan kesempatan sampai tanggal 15 Juli nanti,” ujarnya.

Yudi menerangkan, dari 483 Bacaleg yang dinyatakan lulus administrasi, hanya 316 yang menghadiri tes mampu baca Alquran pada tahap pertama lalu, yakni sejak tanggal 6-12 Juni 2023. Selebihnya, 167 Bacaleg mangkir tanpa keterangan yang jelas.

Dari jumlah Bacaleg yang hadir tersebut, beberapa diantaranya dinyatakan tidak mampu (gugur) dalam tes baca Alquran. “Nah, yang gugur inilah dilakukan pergantian dan hari ini mengikuti tes kembali bersama para Bacaleg yang tidak hadir pada waktu itu,” sebutnya.

Baca Juga:  Pembobol Rumah di Singkil Dihadang Polisi Saat Hendak Kabur ke Medan

Lebih lanjut, Yudi menambahkan kalau penguji dalam tes mampu baca Alquran ini terdiri dari pihak Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Dinas Syariat Islam Kabupaten Abdya. “Jadi, kita (KIP) hanya menerima hasil nilai dari tim penguji. Siapa saja yang lulus atau gugur dalam tes itu,” tuturnya.

“Insya Allah, kalau tidak ada halangan, pada bulan Agustus mendatang sudah kita umumkan daftar calon sementara (DCS). Untuk calon tetap (DCT) masih ada beberapa tahapan yang harus kita lalui lagi. Prediksi kita, bulan November 2023 sudah ada calon tetap,” sambung Yudi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.