Tak Mesti Jauh-jauh ke Switzerland, Cukup ke Gayo Lues Saja

Telaga Biru Rerebe, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues. Foto Ist
Bagikan:

“Disinilah keindahan Gayo Lues sebagai dataran tinggi yang mirip suasananya dengan Switzerland,” terang Pj Bupati Gayo Lues.

Jurnalis : Bayu Y

ANTARAN|BLANGKEJEREN – Enggak usah jauh-jauh ke Switzerland bila ingin melihat keindahan alam, cukup ke Gayo Lues kamu akan merasakan keindahan alam mirip dengan Switzerland, yang membedakan hanya satu, di Gayo Lues tidak ada salju sementara di Switzerland ada salju.

Demikian ajak Pj Bupati Gayo Lues, Drs Alhudri MM kepada peserta acara koordinasi SMK PK dan Sekolah Penggerak SMA/SLB yang berlangsung di Bale Pendopo Gayo Lues, Sabtu (26/08/2023).

Baca Juga:  Dua Unit Rumah Warga di Simeulue Hangus Terbakar¬†

Alhudri mengajak para peserta koordinasi kepala Sekolah SMK dan kepala Sekolah SMA serta kepala Cabdin Aceh dan peserta lainya untuk menikmati keindahan alam Gayo Lues.

Seperti keindahan alam Kolam Biru, pintu masuk pendakian Gunung Leuser, Air Terjun di Kunke, lokasi Wisata Agusan, puncak Genting dan lokasi Kala Pinang,” papar Alhudri.

Tidak hanya kepada peserta, Alhudri juga mengajak seluruh wisatawan Indonesia dan dunia yang honi traveling, menyukai keindahan alam untuk datang ke Gayo Lues. Sebab menurutnya, di Gayo Lues alamnya sangat luar biasa indahnya.

Baca Juga:  Pastikan Penanganan Darurat Efektif, Pj Bupati Aceh Selatan Bermalam di Lokasi Bencana Alam

Alhudri menyebutkan dalam perjalanan menuju ke Gayo Lues saja pengunjung sudah disuguhi oleh alam pegunungan yang indah. Pegunungan yang berjajar, tertata rapi diselimuti kabut awan putih, samar dari jauh terlihat bagaikan lukisan alam yang tiada ternilai harganya.

Gunung Gayo Lues masih jarang yang gundul semua nan hijau dibalut hutan tropis yang masih perawan. Foto Ist

“Gayo Lues berada di pegunungan Leuser yang masih berbanding lurus dengan pegunungan Bukit Seribu Sumatera Utara. di lembahnya mengalir sungai-sungai yang mensuplai kebutuhan air bersih bagi pesisir Aceh Timur dan Barat. Disinilah keindahan Gayo Lues sebagai dataran tinggi yang mirip suasananya dengan Switzerland,” terang Pj Bupati Gayo Lues.

Baca Juga:  Tradisi Pedang Pora Warnai Wisuda Purna Bhakti Personil Polres Aceh Selatan

Dalam kesempatan itu, Alhudri mengatakan Gunung Gayo Lues masih jarang yang gundul semua nan hijau dibalut hutan tropis yang masih perawan. Disamping hutan tropis pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan hutan pinus yang berjajar bagaikan permadani yang di gelar.

“Selain wisata alam di Gayo Lues juga memilki wisata budaya Tari Saman yang terkenal di dunia. Tari ini sudah ditetapkan oleh Unessco sebagai harta tak benda milik dunia, dan juga ada tari Bines yang hanya bisa dinikmati di Gayo Lues,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.