Tanam Ribuan Mangrove, Polres Abdya Hijaukan Wilayah Pesisir

Pj Bupati Abdya H Darmansah SPd MM bersama Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha dan unsur Forkopimkab lainnya menanam batang mangrove secara serentak di kawasan pesisir Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Abdya, Selasa (23/8/2022). ANTARAN / RIZAL
Bagikan:

“Dari 77 ribu batang tanaman mangrove yang ditanam seluruh Aceh itu, Polres Abdya mendapatkan sebanyak 3.500 batang. Hari ini, kita diperintahkan oleh pimpinan untuk menanam secara serentak,” kata Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH usai menggelar apel serentak di kawasan pantai Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee.

Jurnalis : Rizal

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE –
Jajaran Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menggalakkan penghijauan di wilayah pesisir laut yang menghubung dengan mulut muara tepatnya dalam kawasan Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, kabupaten setempat, Selasa (23/8/2022) pagi.

Penghijauan diwilayah pesisir pantai ini, merupakan pencanangan yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Aceh dalam rangka hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77.

Dengan demikian, seluruh institusi kepolisian di wilayah Aceh ikut secara serentak menanam 77 ribu batang mangrove sesuai dengan angka Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke 77 tahun.

Baca Juga:  Satu Unit Rumah Warga Alue Peunawa Terbakar

“Dari 77 ribu batang tanaman mangrove yang ditanam seluruh Aceh itu, Polres Abdya mendapatkan sebanyak 3.500 batang. Hari ini, kita diperintahkan oleh pimpinan untuk menanam secara serentak,” kata Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH usai menggelar apel serentak di kawasan pantai Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee.

Dalam prosesi penanaman batang mangrove tersebut, Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha juga ditemani Pj Bupati Abdya Darmansah SPd MM, Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Kajari Abdya Heru Wijadmiko SH MH dan Pasi Ops Kodim 0110 Abdya Lettu Inf Rajali Yoga serta para kepala SKPK juga tamu undangan lainnya.

Memimpin apel di pesisir pantai Lama Tuha, Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha dalam sambutannya membacakan amanat Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar. Dimana, seluruh jajaran Polda Aceh secara serentak menanam 77 ribu batang pohon dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke-77 dengan tema ”pulih lebih cepat bangkit lebih kuat”.

Baca Juga:  PMI Aceh Selatan Serah Penghargaan Untuk Relawan Konflik dan Tsunami

“Tumbuhan yang akan kita tanam ini memiliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia. Telah berabad-abad lamanya dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup di pesisir pantai,” katanya.

Tumbuh-tumbuhan ini sangat penting bagi manusia dan lingkungan. Memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan dan menjadi sumber daya yang penting bagi makhluk hidup.

“Adapun tumbuhan mangrove yang kita tanam saat ini, dapat mencegah terjadinya abrasi laut dan menghindari terjadinya perembesan air laut ke dalam lapisan tanah, yang bisa mengakibatkan terjadinya percampuran air laut dengan air tanah,” lanjutnya.

Hutan mangrove juga merupakan habitat penting bagi ikan, udang, kepiting, burung air, dan mamalia laut lainnya. Mangrove tercatat sebagai ekosistem terproduktif dari ekosistem daratan manapun di dunia. Mangrove merupakan awal dari rantai makanan di pesisir pantai.

Baca Juga:  Hendri CH Bangun Nahkodai PWI Kembali ke Khittah

Secara singkat, Pj Bupati Abdya H Darmansah menyampaikan, bahwa sebagai negara kepulauan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia.

Hutan mangrove memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir.

Pohon mangrove memiliki fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan.

Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan adanya keselarasan bersama dalam membangun kawasan pantai yang asri dan lestari, demi terwujudnya Kabupaten Abdya yang sejahtera melalui program pemanfaatan Gunung dan Laut.

“Mari kita pelihara karunia dan nikmat yang telah Allah limpahkan kepada daerah kita dengan menjaga kebersihan pantai, menjaga kenyamanan pantai dengan tidak berbuat hal-hal yang dapat merugikan alam. Kalau kita mampu menjaga alam, alam pun senantiasa memberikan manfaat untuk kita,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.