Tanaman Padi dan Jagung di Kluet Timur Rusak Diterjang Banjir

Padi warga di Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan yang berumur dua minggu rusak diterjang banjir. ANTARAN/Sahidal Andriadi
Bagikan:

“Lahan persawahan yang terendam di Lawe Buluh Didi seluas 17 hektar. Selain lahan persawahan, lahan kebun jagung milik warga Lawe Buluh Didi juga terendam seluas lebih kurang 4 hektar,” ujar perangkat Gampong Lawe Buluh Didi.

Jurnalis: Sahidal Andriadi

ANTARAN | TAPAKTUAN – Akibat intensitas hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Aceh Selatan, pada Senin (22/11/2023) menyebabkan beberapa Kecamatan di wilayah tersebut terendam banjir.

Seperti amatan antaran, Selasa (23/11/2023) di Gampong Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten setempat, selain merendam pemukiman, jalan umum dan rumah warga, lahan persawahan masyarakat setempat juga terendam.

Baca Juga:  Anggota DPRK Abdya dari PAN Minta PT. CA Berhenti Beroperasi

Bukan hanya terendam, tanaman padi yang rata-rata berumur satu hingga dua minggu itu sebagian rusak tertimbun lumpur. Selain tanaman padi, tanaman jagung yang baru ditanami juga tidak luput dari genangan banjir.

“Lahan persawahan yang terendam di Lawe Buluh Didi seluas 17 hektar. Selain lahan persawahan, lahan kebun jagung milik warga Lawe Buluh Didi juga terendam seluas lebih kurang 4 hektar,” ujar perangkat Gampong Lawe Buluh Didi.

Baca Juga:  Saat Menjadi Irup Haornas XL, Pj Bupati Gayo Lues Beri Apresiasi Kepada Atlit Berprestasi¬†
Kondisi jembatan yang berada di Gampong Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur retak akibat banjir. ANTARAN/foto ist

Sementara itu di Gampong Lawe Cimanok, Kecamatan Kluet Timur tanggul yang berada di areal persawahan jebol, akibatnya lahan perswahanan warga tertimbun material pasir dan bebatuan yang dibawa arus sungai.

“Untuk antisipasi sementara masyarkat mengadkam goyongroyong, namun masyarakat mengharapkan penanganan dari perintah khususnya dinas BPBD Aceh selatan agar permasalhan ini dapat secepatnya terselesaikan,” sebut Ismail, Keuchik Lawe Cimanok.

Pantau antaran, selain rumah dan sektor pertanian warga di wilayah tersebut, musibah banjir yang menurut warga setempat banjir terbesar pada beberapa tahun terakhir ini juga menyebabkan satu unit jembatan lintas Kecamatan yang berada di Gampong Lawe Buluh Didi juga terancam rusak.

Baca Juga:  RSUD-YA Tapaktuan Fungsikan Kamar Operasi Bedah, Kateterisasi dan CT-SCAN 64 Slice

Seperti yang diketahui, musibah banjir yang merendam beberapa Kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan tersebut yakni, Kecamatan Samadua, Pasie Raja, Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Selatan, Kluet Timur hingga Kecamatan Trumon Raya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.