Tandatangani Komitmen Bersama, Pemkab Aceh Selatan Gelar Forum Satu Data

Pemkab Aceh Selatan Gelar Forum Satu Data Kabupaten Aceh Selatan. ANTARAN / Foto ist
Bagikan:

“Dalam konteks pemerintahan, satu data digunakan untuk mengintegrasikan dan memanfaatkan data yang dihasilkan oleh berbagai instansi pemerintah secara efisien dan efektif,” kata Kamarsyah.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Kominfosan) Aceh Selatan menggelar Forum Satu Data dan penandatangan Komitmen Bersama, di Aula Bappeda Lantai III, Jumat (23/06/2023).

Kegiatan itu guna mewujudkan data yang berkualitas dan terintegrasi untuk pembangunan Kabupaten Aceh Selatan yang berkelanjutan dengan para kepala SKPK, para camat, kepala bagian dan perwakilan akademisi.

Satu data juga merujuk pada konsep atau pendekatan dalam pengelolaan data yang bertujuan untuk mengintegrasikan dan menyatukan data dari berbagai sumber yang ada.

Baca Juga:  Kapolres Abdya Pimpin Upacara Ziarah Makam Teungku Peukan

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, Kamarsyah, S.Sos MM, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan satu sumber data tunggal yang konsisten, akurat dan dapat diakses oleh berbagai pihak yang berkepentingan.

“Dalam konteks pemerintahan, satu data digunakan untuk mengintegrasikan dan memanfaatkan data yang dihasilkan oleh berbagai instansi pemerintah secara efisien dan efektif,” kata Kamarsyah.

Dikatakan, Pemerintah dapat menggabungkan data dari berbagai sumber menjadi satu pusat data yang terpadu, memastikan konsistensi, keakuratan dan keseragaman data.

Lebih lanjut, Kamarsyah mengatakan, penerapan pendekatan satu data membutuhkan kerja sama, komitmen, dan upaya yang terlibat, selain itu, dibutuhkan pula pengembangan infrastruktur data yang memadai.

Baca Juga:  Apdesi Dukung Venny Kurnia Jabat Ketum KONI Abdya

“Kebijakan yang mendukung, standar data yang seragam, serta kerangka kerja yang jelas untuk mengelola dan melindungi data dengan aman dan privasi yang tepat,” demikian ujar Kamarsyah.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bappeda Masrizal, SE Mi, menyampaikan Forum satu data Kabupaten Aceh Selatan merupakan wadah komunikasi, koordinasi, dan fasilitasi untuk penyelenggaraan satu data Kabupaten Aceh Selatan.

Masrizal juga menyebutkan, forum satu data Kabupaten Aceh Selatan ini terdiri dari, BPS Kabupaten Aceh Selatan selaku Pembina Data, Bappeda Kabupaten Aceh Selatan sebagai Koordinator data, Dinas Kominfo dan Persandian sebagai Wali data.

Baca Juga:  Luruskan Masalah, DPRK Perpanjang Waktu Pansus di RSUDTP Abdya

“Selanjutnya seluruh Kepala SKPK sebagai Wali data Pendukung ataupun produsen data dan Sekretaris pada SKPK sebagai ujung tombak memberikan dukungan dan pelayanan teknis operasional dan administratif kepada forum satu data Kabupaten Aceh Selatan,” pungkas Masrizal.

Acara forum satu data Kabupaten Aceh Selatan ini menghadirkan dua pemateri yaitu Kepala BPS Armelia Amri, S,ST, M,Si dan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Aceh Selatan Munharsam, SE, M,Si.

Selain itu, kegiatan tersebut turut dihadiri para Asisten Setdakab, Para Kabag Setdakab, Kepala BPS Aceh Selatan, Para Kepala SKPK beserta Sekretarisnya, Para Camat, serta undangan lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.