Tangani Kerusakan Jalan, Gayo Lues Butuh Alat Berat

Kadis PU Gayo Lues Jakaria A, S.Hut.,MAP,
Bagikan:

“Sejauh ini Gayo Lues belum memiliki alat berat memadai, yang bisa bereaksi cepat saat terjadi bencana alam, seperti penanganan badan jalan longsor serta banjir bandang yang kerap terjadi di negeri Gayo Lues,” kata Kadis PU Gayo Lues, Jakaria.

Jurnalis : Bayu Y

ANTARAN|BLANGKEJEREN – Sebagai daerah yang rawan terhadap bencana alam tanah longsor dan banjir bandang, Gayo Lues membutuhkan alat berat yang bisa dengan cepat dalam menangani kerusakan badan jalan akibat bencana alam banjir bandang serta untuk mendukung kebutuhan masyarakat lainya.

Sejauh ini Gayo Lues belum memiliki alat berat memadai, yang bisa bereaksi cepat saat terjadi bencana alam, seperti penanganan badan jalan longsor serta banjir bandang yang kerap terjadi di negeri Gayo Lues. Alat berat yang ada hanya grader itu pun sudah tua.

Baca Juga:  OJK : Investasi Bodong Meresahkan Warga

Informasi yang diterima antaran, selama ini untuk penanganan akses jalan yang putus akibat longsor Pemerintah Kabupaten Gayo Lues harus menyewa alat berat yang membutuhkan biaya ekstra lebih besar.

Baru – baru ini, usai rapat terbatas bersama Sekda dan jajaran dinas terkait, yakni Dinas PUPR dan BPBD, Pj Bupati Drs Alhudri MM memerintah Sekda Jata SE untuk mengalokasikan dana pembelian alat berat jenis Excavator yang handal dalam menangani longsor.

Baca Juga:  Diduga Korban Pembunuhan, Mayat Laki-laki Ditemukan di Semak-Semak Aceh Selatan

Kadis PU Gayo Lues Jakaria A, S.Hut.,MAP, kepada wartawan, Senin (18/12/2023) membenarkan adanya rencana Pemerintah Daerah melalui Dinas PUPR untuk membeli alat berat jenis excavator. Sebab Alat berat ini satu -satunya solusi dalam penangan bencana alam.

“Bayangkan jalan menuju ke sentra perkebunan masyarakat putus akibat bencana alam. Pemerintah sangat kesulitan dalam penangananya, mau sewa alat berat pada saat musim hujan di bulan Oktober hingga Desember kebanyakan masih bekerja di proyek masing masing. Dengan adanya alat berat sendiri akan memudahkan pemerintah membantu masyarakat dan melakukan perawatan jalan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Upgrade Kompetensi Dosen dan Laboran, Prodi Teknik Pertanian USK Gelar Workshop Penelitian

Jakaria menyebutkan, alat berat sangat dibutuhkan dalam membantu masyarakat melancarkan arus transportasi. Sebab kesehatan jalan sangat mendukung mobilitas masyarakat dalam mengangkut hasil produksi pertanian ke pusat pasar.

“InsyaAllah Alat berat rencana awal tahun depan akan diorder guna mempercepat penanganan bencana alam yang kerap terjadi di Gayo Lues,” pungkas Jakaria.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.