Tanjakan Gaja Sering Makan Korban, Alhudri Bangun Jalan Alternatif

Pj Bupati Gayo Lues, Drs H Alhudri MM bersama Forkopimda dan dinas terkait survei jalan Alternatif di Desa Gaja, Kecamatan Pining, Minggu (18/09/2023). ANTARAN / Bayu Y
Bagikan:

“Dengan adanya jalan alternatif di harapkan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin melintas di tanjakan Gaja, tentunya dengan resiko laka lantas yang lebih rendah lagi di bandingkan dengan jalan utama,” papar Alhudri.

Jurnalis : Bayu Y

ANTARAN|BLANGKEJEREN – Tanjakan Gaja yang berada diakses jalan Gayo Lues menuju Aceh Timur tepatnya di Desa Gaja, Kecamatan Pining sering makan korban. Di turunan yang terjal dan panjang kerap terjadi laka lantas tunggal hingga korban meninggal dunia.

Laka lantas tunggal kebanyakan terjadi pada motor metic, karena panjang dan terjalnya turunan pengendara sering kehilangan cengkraman pada pengereman. Akibat Peston rem panas daya cengkram menurun dan motor jadi blong.

Baca Juga:  Gerakan Subuh Berjamaah di BRR, Pj Bupati Aceh Singkil Serahkan Santunan Anak Yatim

Guna menghindari laka lantas yang berulang ulang, Pj Bupati Gayo Lues, Drs H Alhudri meminta kepada Dinas PUPR Gayo Lues untuk membuat jalan Alternatif dengan trase jalan yang lebih rendah dari jalan utama.

Hal itu disampaikannya pada survei jalan Alternatif di Desa Gaja, Kecamatan Pining, Minggu (18/09/2023) bersama Forkopimda dan dinas terkait.

Alhudri mengaku prihatin terhadap kondisi turunan Gaja yang sering makan korban. Pemerintah daerah bersama forkopimda berencana membuat jalan alternatif yang trasenya lebih rendah dari jalan utama, tujuannya untuk mengurang angka laka lantas yang terus mengalami peningkatan setiap tahunya.

Baca Juga:  Perahu Berkepala Naga Membelah Sungai Krueng Aceh di Event PKA-8

“Dengan adanya jalan alternatif di harapkan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin melintas di tanjakan Gaja, tentunya dengan resiko laka lantas yang lebih rendah lagi di bandingkan dengan jalan utama,” papar Alhudri.

Dandim dan Kajari Gayo Lues mengusulkan agar pada penurunan jalan dibuat jalan dapat mengantisipasi rem blong. Melihat jalan di daerah pegunungan di jawa pasti ada jalan alternatif untuk mengantisipasi rem blong.

Baca Juga:  Pasca Idul Fitri, Pj Bupati Gayo Lues Pastikan Layanan Umum Berjalan Baik

Kadis PUPR Gayo Lues, Jakaria mengatakan, saat ini PUPR sudah turun untuk melakukan survei pembuatan jalan alternatif guna menurunkan trase di tanjakan Gaja.

“Jalan tersebut direncanakan mengikuti jalan TMMD dari SD Gaja menuju Kafe Genting, dengan trase yang lebih rendah,” jelasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.